Peradaban di Situs Gunung Padang lebih tua dari peradaban Mesopotamia dan Pyramid Giza di Mesir. /bisnis.com
Travel

Misteri Gunung Padang: Kajian Ilmiah yang Mengejutkan

Fatkhul Maskur
Minggu, 20 April 2014 - 13:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Secara ilmiah, Gunung Padang pernah dilakukan beberapa kali uji sampel kandungan karbon untuk mengetahui usia situs tersebut.

Pada penelitian pertama, di teras ketiga di ambil sampelnya dan diketahui ternyata berusia lebih dari 3.000 tahun sebelum masehi.

Hasil mengejutkan kembali ditemukan, saat uji kandungan di teras kelima, oleh laboratorium Beta Analytic Miami, di Florida, umur dari lapisan dari kedalaman sekitar 5 meter sampai 12 meter, diketahui umurnya sekitar 14.500 – 23.000 sebelum masehi atau lebih tua.

Jika benar, maka artinya peradaban di Situs Gunung Padang lebih tua dari peradaban Mesopotamia dan Pyramid Giza di Mesir, yang selama ini dipercaya sebagai peradaban tertua di dunia.

Harga tiket masuk Situs Gunung Padang dibanderol sebesar Rp2.000 untuk turis lokal dan Rp5000 wisatawan asing. Menurut Widodo, Petugas Loket Situs Gunung Padang rata-rata jumlah pengunjung yang datang mencapai sekitar 8000 orang untuk turis lokal dan 300 orang asing setiap bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro