Kesenian tradisional Bali/Antara
Travel

DESTINASI WISATA: Ubud Masuk 10 Besar Terfavorit di Asia

Ismail Fahmi
Minggu, 13 April 2014 - 12:40
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR--Wilayahnya tidak begitu luas, dulu hanyalah sebuah kerajaan kecil, dikitari lahan persawahan yang menghijau, air sungai mengalir jernih, pesona desa yang indah.

"Para Dewata" mentakdirkan sebagai tempat yang penuh kegemilangan, alamnya menyimpan kekuatan gaib serta memiliki "benang merah" terhadap perkembangan agama Hindu di Bali.

Perkampungan seniman Ubud kini statusnya ditingkatkan menjadi Kelurahan Ubud, kabupaten Gianyar itu terdiri atas 13 banjar dengan luas wilayah 732 hektare berpenduduk sekitar sebelas ribu jiwa.

Ubud dalam perkembangannya kini menjadi "satu titik desa dunia", tempat manusia-manusia dari berbagai ras di belahan dunia bertemu, merengguk keindahan dan tradisi lestari yang diwarisi masyarakatnya secara turun temurun.

Kondisi yang demikian itu kini mampu mengantarkan perkampungan seniman Ubud masuk dalam sepuluh besar destinasi wisata terfavorit di Asia versi penghargaan "Travellers's Choice Destinations tripAdvisor".

Nuansa pedesaan Ubud merupakan tempat yang ideal untuk merasakan pijat khas Bali dan menjadikannya salah satu destinasi spa terbaik di Asia. Ubud juga merupakan pusat kesenian dan budaya Bali, serta banyak museum dan galeri di perkampungan seniman itu.

Sementara peringkat pertama destinasi terfavorit di Asia adalah Kota Beijing di Tiongkok, disusul oleh Hanoi, Vietnam di posisi kedua dan Siem Reap, Kamboja pada posisi ketiga yang dipilih oleh jutaan wisatawan pengguna "TripAdvisor" dari seluruh dunia.

Adapun  posisi keempat Shanghai (Tiongkok) kelima Bangkok (Thailand), keenam Chiang Mai (Thailand), ketujuh Hong Kong, delapan Ubud, Bali (Indonesia), sembilan Ho Chi Minh City (Vietnam) dan sepuluh Kathmandu (Nepal).

Kawasan Ubud yang dikenal secara meluas oleh masyarakat mancanegara merupakan sebuah anugerah dan berkah yang dapat memberikan kehidupan dan kesejahteraan kepada masyarakat setempat, tutur pendiri dan pengelola Museum Arma Ubud Anak Agung Rai.

Tokoh yang disegani masyarakat setempat dan mempunyai pandangan ke depan dalam memajukan dan melestarikan seni budaya, menyadari alam dan lingkungan Ubud sebenarnya tidak seberapa indah, dibandingkan lokasi lain di Bali banyak yang lebih bagus, toh wisatawan tetap memilih Ubud sebagai tempat untuk rekreasi dan berlibur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro