Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Memahami Indonesia Melalui Teknologi di Galeri Indonesia Kaya

Budaya dan teknologi ternyata dapat dikombinasikan menjadi hal yang menyenangkan, dan dapat membuat lebih interaktif dalam mempelajarinya.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 29 Maret 2014  |  17:30 WIB
Memahami Indonesia Melalui Teknologi di Galeri Indonesia Kaya
Galeri Indonesia juga dilengkapi dengan auditorium yang menyajikan berbagai pagelaran budaya di waktu tertentu. - bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Budaya dan teknologi ternyata dapat dikombinasikan menjadi hal yang menyenangkan, dan dapat membuat lebih interaktif dalam mempelajarinya.

Galeri Indonesia Kaya berhasil menepis anggapan jika mempelajari budaya harus melalui buku yang tebal. Galeri yang terletak di Grand Indonesia West Mall Lt.8 menyuguhkan informasi berbagai kebudayaan Nusantara melalui teknologi yang bisa dibilang futuristis.

Saat memasuki Galeri Indonesia Kaya, kita akan langsung disapa oleh pemuda-pemudi dengan pakaian tradisional. Uniknya, mereka itu ada di layar multimedia di pintu masuk dan keluar galeri.

Ketika melanjutkan perjalanan ke dalam galeri, kita akan langsung disuguhi video mapping berbentuk wayang kulit yang mengisahkan penggalan Mahabarata tentang kiprah Pandawa melawan Kurawa.

Di sebelah video mapping, terdapat kaca pintar Indonesia yang memuat objek budaya dari seluruh nusantara, termasuk tradisi, pariwisata, dan kuliner. Pengunjung dapat memilih informasi yang ingin diketahuinya dari kaca pintar ini dengan menyentuh dan memilih layar.

Ada juga Jelajah Indonesia yang yang memuat seluk beluk budaya negeri dari berbagai sisi, seperti geografis, kebiasaan dan tradisi di dalam sebuah layar multimedia touch screen.

Untuk pengunjung yang ingin berfoto dengan pakaian adat, galeri Indonesia menyediakan Selaras Pakaian Adat yang dapat terhubung dengan media sosial. Di fasilitas ini, pengunjung tinggal mencocokkan gaya dengan template pakaian ada yang tersedia.

Selain itu, pengunjung juga dapat merasakan asiknya bermain alat musik tradisional di Melodi Alunan Daerah di dalam layar multimedia. Bahkan, kita juga dapat bermain beragam permainan tradisional melalui teknologi canggih di galeri ini.

Kemudian kita juga dapat merasakan teknologi tinggi seperti dalam film Hollywood di Layar Telaah Indonesia. Fasilitas ini menggunakan teknologi Microsoft Surface untuk menampilkan informasi budaya secara interaktif, hanya dengan meletakkan kartu di layar.

Tidak hanya itu, Galeri Indonesia juga dilengkapi dengan auditorium yang menyajikan berbagai pagelaran budaya di waktu tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

galeri
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top