Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rupiah Melemah, Wisata Domestik Bergairah

Kondisi pelemahan rupiah terhadap dolar AS yang terus berlanjut sejak pertengahan tahun lalu, telah mengubah pola perjalanan wisatawan kelas menengah yang mulai beralih memilih paket wisata tujuan domestik.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 27 Februari 2014  |  19:51 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Kondisi pelemahan rupiah terhadap dolar AS yang terus berlanjut sejak pertengahan tahun lalu, telah mengubah pola perjalanan wisatawan kelas menengah yang mulai beralih memilih paket wisata tujuan domestik.

Panca R Sarungu, CEO RajaMICE pengelola pameran Indonesia Travel and Holiday Fair mengatakan selama ini kebanyakan masyarakat kelas menengah, memilih paket wisata perjalanan ke berbagai negara di Asia Tenggara. Kini, banyak diantara mereka yang mulai mengincar paket wisata domestic.

Apalagi, pilihan paket perjalanannya pun sudah mulai beragam, tidak lagi berfokus pada Bali, Bandung, dan Yogyakarta, tetapi mulai merambah ke kawasan Timur seperti Lombok, Bunake, Kakaban, Wakatobi, Labuan Bajo, dan Raja Ampat, serta ke daerah Sumatera seperti Batam, Bangka Belitung dan Medan.

Oleh karena itulah, dari target transkasi yang tahun ini diperkirakan mencapai Rp60 miliar, pihaknya menargetkan 50% diantaranya berasal dari paket-paket wisata domestic dengan total pengunjung 40.000 selama tiga hari pameran mulai Jumat (28/2) hingga Minggu (2/3) di Senayan JCC.

“Kalau tahun-tahun sebelumnya, pameran wisata Indonesia Travel and Holiday Fair, 70% diantaranya masih didominasi oleh paket perjalanan luar negeri, tetapi tahun ini diharapkan bisa 50%:50%,” ucapnya dalam konfrensi pers, Kamis (27/2/2014).

Untuk lebih menarik para pecinta traveling memilih paket-paket wisata domestic tersebut, pihaknya juga akan bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mempromosikan destinasi wisata dalam negeri.

Selain itu, juga terdapat berbagai paket-paket wisata menarik yang akan ditawarkan oleh para travel agent dengan harga spesial, termasuk penawaran tiket murah dari maskapai penerbangan seperti Jakarta-Denpasar mulai Rp299.000, Jakarta-Sorong mulai Rp1,6 juta. Serta kerja sama dengan BNI memberikan fasilitas cicilan 0% untuk tenor 3 dan 6 bulan, dan cicilan 0,8% untuk tenor 9 dan 12 bulan.

Meski banyak masyarakat yang beralih memilih destinasi wisata dalam negeri, alternative paket liburan luar negeri dengan biaya yang lebih ekonomis tetap menarik minat para traveler Indonesia.

“Untuk paket luar negeri yang akan menarik terutama ke Korea, Hong Kong, Jepang, Turki, serta kawasan di Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Kamboja, Thailand, dan Vietnam,” ucapnya.

Pihaknya yakin, pameran yang mengikutsertakan 102 perusahaan yang mewakili 300 brand dari travel agent, airlines, hotel, attraction and tourism destination, travel accessories, luggage, dan tourisme representative dari beberapa negara ini dapat menarik minat lebih dari 40.000 pengunjung.

“Dengan mengangkat tagline World On Sale, Pameran Ide Liburan Terlengkap, kami akan menawarkan berbagai paket-paket yang menarik dengan harga yang lebih terjangkau,” ucapnya.

Dalam pameran ini juga terdapat 2 event pendamping yaitu Indonesia Golf Expo yang menghadirkan produk-produk penunjang olah raga golf, serta penawaran menarik dari beberapa golf resort yang ada di Indonesia.

Selain itu, aka nada Wellness&Medical Tourism Fair yang menampilkan medical product yang dimiliki beberapa internasional hospital dari negara-negara yang menjadi tujuan wisata internasional seperti Malaysia, Thailand, dan medical domestic.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

destinasi wisata rupiah melemah
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top