Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Gagas Konsep Wisata Gunung Berapi

Pemerintah memandang sebutan Indonesia sebagai 'Ring of Fire' harus mulai diubah menjadi 'Ring of Energy'. Banyaknya gunung berapi di wilayah Indonesia harus dipandang sebagai pemberi manfaat yang luas dari berbagai sektor, termasuk sektor Pariwisata.
Ismail Fahmi
Ismail Fahmi - Bisnis.com 12 Februari 2014  |  10:23 WIB
Erupsi salah satu gunung berapi - Bisnis
Erupsi salah satu gunung berapi - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah memandang sebutan Indonesia sebagai 'Ring of Fire' harus mulai diubah menjadi 'Ring of Energy'. Banyaknya gunung berapi di wilayah Indonesia harus dipandang sebagai pemberi manfaat yang luas dari berbagai sektor, termasuk sektor Pariwisata.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Ukus Kuswara menyatakan, pembangunan sektor pariwisata di wilayah gunung berapi yang ada di Indonesia akan memiliki masa depan cerah, tidak seperti yang selama ini digemborkan media tentang bahaya gunung tersebut.

“Sektor perekonomian masyarakat sekitar gunung berapi, tentunya akan terdongkrak jika konsep wisata gunung berapi ini dapat terwujud. Namun, untuk menuju hal tersebut harus ada pengelolaan yang baik, kerjasama antara semua pihak terkait, baik itu pemerintah maupun masyarakat sekitar,”  ujarnya seperti dilansir laman Seskab, Rabu (12/2/2014).

Kerja sama yang dimaksud, lanjut Ukus Kuwara, adalah dengan membangun pusat wisata yang terintegrasi di sekitar gunung berapi, tentunya dengan fasilitas yang menunjang daya tarik wisatawan, seperti menyediakan menara untuk melihat erupsi gunung.

"Perlu juga dilakukan pemberdayaan mengoptimalkan masyarakat untuk membuka kegiatan usaha, baik itu industri makanan, hasil bumi, maupun barang kreatif khas daerah lainnya."

Saat ini, kata Kuswara, langkah yang harus dipersiapkan dengan membangun pusat informasi dan dokumentasi terkait gunung tersebut. Ditambah adanya sertifikasi bagi guide untuk wisatawan yang ingin berkunjung di wilayah sekitar. "Sehingga betul-betul berkualitas."

Kuswara pun menceritakan akibat dari tidak adanya pusat informasi kepariwisataan di sekitar gunung berapi, berdampak pada turunnya jumlah wisatawan yang datang ke daerah baik dekat gunung tersebut maupun daerah tetangganya. Dia mencontohkan, meskipun Gunung Sinabung berada di Kabupaten Karo, efek pariwisatanya berdampak sampai ke daerah sekitarnya.

"Di Medan, penurunan wisatawan mencapai 24%. Padahal di Medan aman," tegasnya.

Menanggapi usulan tersebut, Staf Khusus Presiden Bidang Bencana Alam, Andi Arief berharap ide Kemenparekraf itu dapat segera direalisasikan. Sebab, manfaat yang akan dihasilkan, selain mitigasi bencana, juga peningkatan perekonomian masyarakat sekitar akan terbantu.

Jika terealisasi, lanjutnya, akan menghasilkan manfaat besar baik bagi pemerintah maupun masyarakat sekitar. "Saya sangat setuju sekali dengan ide tersebut." .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata gunung berapi
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top