Hewan Khas Sulut Tarsius/Wikipedia
Travel

Belajar Kesetiaan dari Tarsius di Taman Margasatwa Tandurusa

Thomas Mola
Kamis, 6 Februari 2014 - 18:45
Bagikan

Bisnis.com, MANADO - Perjalanan wisata ke Manado rasanya belum lengkap jika belum berkunjung ke taman margasatwa Tandurusa, Bitung. Pasalnya, di kebun binatang ini terdapat satu hewan unik dan khas Sulawesi Utara, yakni Tarsius.

Taman margasatwa yang telah berdiri sejak 1979 ini terbuka untuk umum. Pengunjung hanya perlu membayar karcis masuk untuk dapat bersua dengan pelbagai jenis satwa koleksi Tandurusa.

Adapun, jarak Bitung dari Manado hanya 45 km atau memakan waktu perjalanan sekitar 1 jam. Kebun binatang Tandurusa terletak di bibir pantai sehingga selain dapat melihat koleksi hewan, juga dapat menikmati indahnya pantai.

Terdapat banyak koleksi satwa di Tandurusa seperti burung, ular, buaya, babi rusa, babi hutan, biawak, musang, kus-kus, tarsius dan masih banyak lagi.

Tarsius adalah salah satu mamalia terkecil yang hanya memiliki panjang 20 cm. Sejatinya, cukup sulit untuk dapat melihat monyet kecil ini karena merupakan mamalia yang tertutup yang hanya sesekali keluar untuk memanjat pohon.

Kebun Bitangan Tandurusa memiliki beberapa ekor Tarsius sehingga pengunjung dapat melihat mamalia terkecil ini dari dekat. Umur mamalia yang terancam punah ini hanya sekitar 13 tahun.

Selain hewan langkah, hewan ini adalah contoh baik untuk kesetian. Tarsius merupakan hewan monogami dan setia dengan pasangannya.

Jika pasangannya mati, mamalia ini tidak kawin dengan tarsius lainnya, tetapi menyendiri hingga ajal menjemput.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Thomas Mola
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro