Kuliner

Jadi Ikon Kuliner, Tumpeng Juga Bisa Tampil Modern

Rahmayulis Saleh
Selasa, 28 Januari 2014 - 17:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkah Anda mencoba makan tumpeng tetapi isi gundukan tumpengnya berupa nasi merah atau singkong rebus? Coba deh, rasanya tidak kalah enak dengan nasi kuning atau nasi putih.

Hal itu diucapkan oleh pakar kuliner Bondan Winarno, di sela-sela diskusi Tumpeng menjadi ikon unggulan kuliner Indonesia, yang digelar Forum Dialog Pariwisata, bisniswisata.co dan Kemenparekraf di Jakarta, Selasa (28/1/2014).

Menurut Bondan, masyarakat sebaiknya lebih kreatif dan inovatif. "Berani mengubah pakem yang sudah ada sejak lama, dan menggantinya dengan sesuatu yang berbeda dan lebih modern," ujarnya.

Misalnya, lanjut Bondan, isi tumpeng bisa diganti dengan nasih merah, atau singkong yang diserut halus kemudian direbus.

Untuk makanan pendampingnya bisa menyajikan lauk pauk, dan sayuran tradisional khas dari berbagai daerah sehingga kehadiran tumpeng bisa menjadi sesuatu yang menarik, berbeda, dan modern.

"Dengan begitu tumpeng bisa terbebas dari opini yang melekat di masyarakat selama ini, bahwa tumpeng adalah sesuatu yang sakral dan mistis. Bayangkan saja ada tumpeng khusus untuk pernikahan, untuk kelahiran, atau kematian. Nah, yang berbau sakral itu kita buang," ungkap Bondan.

Dia juga menyarankan untuk mengisi makanan pendamping tumpeng dengan beragam kekayaan kuliner khas daerah Indonesia.

Misalnya, untuk lauk pertama bisa mengambil rendang padang dari Sumatra Barat, terus lauk kedua berupa sate lilit dari Bali, kemudian ayam goreng lengkuas dari Bandung, dan urap sayuran urap dari Yogyakarta.

"Semua itu bisa kita kreasikan asal mau berinovasi, dan tidak terpaku pada pakem," lanjut Bondan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor :
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro