Abalone Asparagus Udang Cincang /peni widarti-bisnis.com
Kuliner

Salad Yu Sang Simbol Untuk Kelimpahan

Peni Widarti
Senin, 20 Januari 2014 - 19:42
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA –  Dekorasi merah menyala sudah terpampang di setiap sudut ruangan Restaurant Sarkies - Hotel Majapahit, Jl. Tunjungan , Surabaya. Ornamen lampion, gantungan angpau, dan bunga sakura itu tak lain adalah cara untuk menyambut Tahun Baru Imlek.

Perayaan penting bagi warga Tionghoa ini tidak saja dilakukan dengan bersembahyang ataupun menghias ruangan dengan pernak-pernik tetapi juga tradisi makan bersama dengan menu makanan yang penuh makna.

Yu sang adalah salah satu menu andalan Sarkies Restaurant  ketika memasuki perayaan Imlek. Yu Sang ini memiliki tekstur warna yang memikat dan menggoda selera. Terbuat dari lobak merah, wortel, bengkoang, ikan salmon serta jelly fish atau ubur-ubur yang diserut.

“Yu sang ini semacam salad karena disajikan dalam keadaan mentah, kecuali jelly fish yang harus direbus terlebih dahulu selama 30 menit dan diberi air jeruk nipis agar tidak anyir,” kata Chef Syahroni, koki di Sarkies Restaurant itu.

Yu sang ini memiliki makna mendalam bagi orang Tionghoa yang merayakan Imlek. Makanan ini pun dipercaya sebagai simbol kelimpahan dan kemakmuran bagi orang yang memakannya.

Dalam penyajiannya, Yu sang terpisah dari sausnya dan dicampur sendiri oleh orang yang hendak memakannya dengan menggunakan sumpit. Menurut tradisi, saat Yu sang diaduk dengan saus harus diangkat tinggi-tinggi di atas piring dan mengucapkan ‘Lo Hei’ yang berarti keberuntungan abadi.

“Semakin tinggi mengangkatnya, maka semakin baik juga peruntungan orang tersebut pada Tahun Baru Imlek. Yu sang diaduk bersama-sama oleh orang yang duduk satu meja,” jelas Chef Syaroni.

Beberapa saus yang dicampur ke dalam Yu sangdi antaranya seperti wijen, minyak wijen, cuka, gula, garam, merica, bubuk kayu manis, dan kecap asin.

Paket makan saat malam perayaan Imlek yang ditawarkan Sarkies Restauran ini juga ada menu lain, seperti  Salmon Slash (daging ikan salmon yang diiris tipis yang disajikan mentah dan dicocol dengan saus, Abalone Asparagus Udang Cincang (asparagus yang dibalut dengan daging udang), serta Beef Lada Hitam Vietnam.

“Umumnya, makan malam saat Imlek ini cocok ditutup dengan minuman hangat China tea,” imbuh Chef Syahroni.

Pemesanan menu makan malam untuk Imlek pada akhir Januari 2014 itu telah mencapai 50% dari kapasitas restaurant sebanyak 100 orang. Harga yang ditawarkan untuk bisa menikmati Yu sang dan paket menu lainnya yakni sekitar Rp400.000 – Rp800.000 per orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Peni Widarti
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro