Travel

Inilah 6 Lokasi Wisata Sisa Keganasan Tsunami Aceh

Sukirno
Kamis, 26 Desember 2013 - 04:40
Bagikan

Bisnis.com, MEDAN - Pagi itu, tepat 9 tahun yang lalu, pada 26 Desember 2004 Banda Aceh diguncang gempa dahsyat 8,9 SR yang kemudian disusul dengan datangnya air bah tsunami dari arah pantai yang mahadahsyat.

Bencana tsunami tercatat sebagai peristiwa paling tragis karena menewaskan lebih dari 240.000 jiwa dan meluluhlantakkan kota-kota di pesisir barat Aceh. Bahkan tsunami juga menerjang negeri tetangga seperti Malaysia, Thailand, Bangladesh hingga India.

Kota Banda Aceh seketika hancur, lumpuh, bahkan rata dengan tanah. Hanya beberapa bangunan yang masih kokoh berdiri dan menjadi tempat berlindung warga yang selamat dari terjangan gelombang dahsyat itu.

Kini, setelah bertahun-tahun telah dilewati, Aceh mulai bangkit. Roda perekonomian masyarakat Aceh mulai bergulir. Bahkan, sisa-sisa keganasan tsunami 2004 itu dijadikan museum dan tempat wisata. Sejarah mencatat tsunami mahadahsyat pernah melanda Bumi Rencong.

Jika Anda berkesempatan mengunjungi Bumi Serambi Mekkah, hendaknya Anda meluangkan waktu untuk mengunjungi sisa-sisa keganasan bencana tsunami Aceh. Wisata tsunami dimaksudkan sebagai bahan perenungan agar masyarakat tetap waspada terhadap bencana.

Berikut lokasi wisata tsunami di Banda Aceh :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro