Travel

Nih...Tips Perencanaan Keuangan Saat Liburan

Bunga Citra Arum Nursyifani
Selasa, 17 Desember 2013 - 12:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Liburan adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap orang. Namun, layaknya pendidikan dan pensiun, berlibur juga perlu perencanaan dan persiapan yang matang.

Ananda Aryaguna, perencana keuangan dari Finex Consulting, mengatakan ada keluarga yang merencanakan liburan dari awal tahun untuk pergi di akhir tahunnya, namun untuk liburan yang "mahal" dapat juga direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya. Perbedaannya adalah di penempatan dana nya.

"Katakanlah semua telah tercapai, saatnya berlibur! Di akhir tahun ini, ijinkan saya berbagi tips mengelola keuangan saat berlibur agar tetap sesuai budget, hemat, aman, namun tetap nyaman," ujarnya dalam rilis yang diterima Bisnis, Selasa (17/12/2013).

1. Bawalah baju dan alas kaki yang tepat, cukup, tidak kurang tidak lebih. Dan pastikan sesuai dengan tempat tujuan. Akan aneh kan kalau sampai pake baju hangat di pantai atau baju tipis di daerah dingin. Apalagi akhir tahun seperti ini. Hal ini menghindari kita untuk belanja kebutuhan yang sifatnya sesaat.

2. Bawa uang tunai secukupnya, Manfaatkan ATM  ataupun creditcard pada saat liburan. "Namun harap diingat, jangan keasikan gesek," kata Ananda.

3. Untuk menghindar dari risiko terhadap nilai tukar yang fluktuatif pada saat masa liburan, ada baiknya membeli travel cek terlebih dahulu sebelum bepergian, sehingga pengeluaran utk liburan sudah di antisipasi dari awal. Agar tidak kaget melihat tagihan bulan depan karena sudah direncanakan.

4. Beberapa negara memberlakukan juga batas maksiimum untuk membawa cash dalam bepergian, dan biasa dilakukan pengecekan pada saat tiba bandara. Disinilah fungsi travel check menjadi krusial. Untuk memudahkan penukaran, baiknya jumlah TC jangan yang terlalu besar kisaran US$50 atau US$100.

5. Selalu ingat, untuk pisahkan uang recehan di kantong tertentu. Dompet dan paspor juga ada baiknya untuk disimpan terpisah, untuk menghindari hilangnya semua dokumen, uang tunai maupun kartu kredit dan atm disaat bersamaan.

6. Satu lagi yang perlu diingat, liburan bukan berarti membeli barang yang tidak perlu. Belilah oleh-oleh secukupnya, jangan memaksakan diri. Ingat juga bahwa bagasi pesawat ada limitnya, jangan sampai anda terkena charge karena kelebihan bagasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro