Travel

Mendaki Gunung Naik Mobil? Begini Cara Asyik Menikmati Medan Terjal

Nurbaiti
Senin, 16 Desember 2013 - 13:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagaimana sensasi saat ingin melintasi Gunung Halimun menggunakan mobil? Tentunya akan ada kenikmatan tersendiri. Tubuh yang terguncang saat mobil membelah perbukitan, naik turun dataran tinggi atau melewati medan terjal. Apalagi di musim hujan, tentu medan yang akan Anda lalui menjadi licin dan semakin ekstrem.

Anggota Komunitas Land Rover Club Bandung (LRCB), Rudy ‘Rockhill’ Sulaeman, mengatakan mendaki gunung atau melewati medan terjal lainnya dengan mobil, akan sangat menyenangkan dan mengasyikkan. Syaratnya, harus ada persiapan matang sebelumnya, terutama untuk mobil yang digunakan.

“Bagaimanapun medannya, asalkan mobilnya dalam kondisi bagus dan pengendaranya juga memiliki kemampuan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” ujarnya.

Menurutnya, agar perjalanan di medan berat menjadi sangat menyenangkan, sebagai penumpang, Anda harus mempersiapkan stamina yang benar-benar bagus. Hal itu diperlukan, agar para penumpang dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan selama perjalanan.

Saran Rudy, penumpang sebaiknya ambil posisi santai saat duduk dan mengikuti gravitasinya. Jangan lupa selalu gunakan sabuk pengaman. Memang akan terjadi guncangan, katanya, tetapi dengan mengikuti alur gravitasi, badan tidak menjadi pegal.

“Di sisi penumpang, sebenarnya tidak ada yang aman di perjalanan off road. Pasti keguncang-guncang atau kejedot, tetapi ikuti saja alurnya. Percayakan saja pada sopirnya karena sopir juga tidak mau celaka,” tuturnya.

SUPIR DAN MOBIL

Bagi sopir, stamina dan kemampuan berkendara menjadi yang paling utama. Selain itu, kata Rudi, sopir harus mengerti kemampuan mobil dan medan yang akan dilewati. Kalaupun sebelumnya belum pernah melewati medan yang sama, tidak ada salahnya juga mencari informasi lainnya di Internet.

“Driver juga harus punya skill. Tidak semuanya harus kencang. Kadang di kondisi tertentu, seperti tanah merah harus pelan," katanya.

Rudy juga menyarankan agar selalu menurunkan kecepatan mobil saat berada di tikungan dan jangan mengerem secara mendadak. Jika tidak, paparnya, maka mobil bisa tergelincir dan berputar tak terkendali.

Terkait dengan keamanan dan kenyamanan di perjalanan, Rudy juga menyarankan agar mobil yang digunakan juga harus benar-benar cocok untuk medan berat. Misalnya dengan kaki-kaki dan suspensi yang baik.

Untuk mendaki gunung, katanya, mobil berjenis 4x4 paling cocok dan aman digunakan. Hal itu disebabkan oleh empat roda mobil tersebut dapat menerima torsi yang merata dari mesin. Ini yang membuat keempat roda tersebut bergerak secara bersamaan.

Rudy juga menyarankan kelengkapan kendaraan sebelum berangkat, terutama mesin, oli, tekanan ban, air radiator, hingga ban serep. Yang paling penting juga, jangan lupa cek kelengkapan surat-surat kendaraan. Kalau sopir dan mobil sudah siap, maka sebagai penumpang, Anda tinggal duduk manis sembari menikmati pemandangan alam sepanjang perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nurbaiti
Editor : Nurbaiti
Sumber : Bisnis Indonesia Weekend
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro