Kuliner

Jalan-Jalan ke Medan, Ini Tips Memilih Durian yang 'Maknyus'

Sukirno
Senin, 16 Desember 2013 - 10:49
Bagikan

Bisnis.com, MEDAN – Durian, buah berduri yang banyak disukai orang, tetapi juga tidak sedikit yang membenci baunya ini memang identik dengan Medan.

Pencinta buah ini biasanya mencari jenis durian yang harum, manis, dan sedikit ada rasa pahit di lidah. Namun, memilih buah berdaging lembut ini susah-suah gampang.

Buah durian, biasanya satu dengan yang lain akan berbeda rasanya meskipun dipanen dari pohon yang sama. Untuk itu, perlu keterampilan khusus dalam memilih durian yang maknyus agar tidak mengecewakan saat menikmatinya.

Budi Biring, pedagang durian di Titi Kuning Medan, membagikan tips memilih durian yang maknyus sesuai selera. Menurutnya, durian yang enak akan tercium dari wangi yang tajam.

"Cium wanginya, kalau tidak harum durian itu pasti rasanya hambar," kata dia kepada Bisnis, Senin (16/12/2013).

Selain itu, lanjutnya, memilih durian juga bisa dengan cara digoncang-goncang. Jika durian itu berbunyi saat digoncang, artinya durian sudah matang sempurna.

Kemudian, perlu juga dilihat tangkai buah durian itu. Bila tangkai buah terlihat sudah layu, durian tersebut sudah lama dipetik dan bisa saja diperam menggunakan karbit.

Durian yang bagus, kata dia, tangkai buah masih tampak segar, artinya buah tersebut baru dipetik dari pohonnya maksimal sehari sebelumnya.

"Biasanya orang milih durian yang dagingnya kuning, putih, manis atau pahit, itu tergantung selera. Kalau warna dagingnya kuning itu biasanya menggugah selera," paparnya.

Durian Medan biasanya yang paling enak berasal dari Sidikalang. Biasanya, durian Sidikalang ini meskipun terlihat busuk pada kulitnya, tetapi dagingnya tidak busuk. Kalau Anda berkunjung ke Medan, jangan lupa mencicipi durian ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Editor : Nurbaiti
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro