Travel

Pantai Sundak Yogyakarta, Objek Wisata Alternatif

Lukas Hendra TM
Jumat, 13 Desember 2013 - 15:55
Bagikan

Bisnis.com JAKARTA – Libur akhir tahun tersisa beberapa pekan lagi. Sudahkah anda menyiapkan rencana untuk berlibur bersama keluarga? Bila belum, mungkin tempat ini layak untuk anda kunjungi bagi anda yang mencari wisata alam pantai.

Bagi para pelancong dari Yogyakarta dan sekitarnya, gugusan pantai Sundak memang bukan lagi asing di telinga mereka. Ya, pantai ini dikenal dengan pasirnya yang putih dan pemandangan matahari terbenam yang indah.

Kawasan pantai Sundak terdiri dari tiga pantai, yakni pantai Sundak, pantai Ngandong dan pantai Sadranan. Akses menuju ke pantai ini kini terbilang mudah bila ditempuh dengan kendaraan pribadi, meski pada 2007, akses menuju pantai ini sedikit susah akibat jalan yang belum diaspal.

Dari kota Yogyakarta, Anda cukup mencari akses ke Wonosari, Gunungkidul kemudian melanjutkan perjalanan menuju pantai Baron. Di tengah perjalanan, akan ada penunjuk jalan menuju pantai Sundak. Anda akan melewati jalan yang kecil dan naik turun. Ketika sampai kecamatan Tepus, Anda harus bersiap banting setir menuju jalan yang lebih kecil lagi di samping SMKN 1 Tepus menuju pintu masuk kawasan pantai Sundak.

Sesampainya di pantai, Anda akan takjub dengan pasirnya yang lembut untuk pantai Sadranan. Jika Anda sampai siang hari, Anda dapat trekking menuju pulau karang kecil tak jauh dari bibir pantai saat air laut surut.

Bila Anda lapar, kawasan pantai ini menyediakan beberapa menu makanan laut, juga menyediakan penginapan bagi yang berkantong pas-pas an hingga yang berkantong tebal.

Tarif penginapan pun relatif terjangkau, satu rumah berkapasitas 8 orang disewakan seharga Rp800.000 per malam tanpa AC. Bagi pondokan kecil cukup untuk 2 orang disewakan dengan harga Rp500.000 per malam dengan AC. Sementara bagi Anda  yang berkantong tebal, Anda dapat menyewa kondominium di atas bukit karang dengan tariff Rp15 juta per malam. Kondominium ini memiliki 4 kamar lengkap dengan AC, spring bed dan TV LED juga mini bar.

“Bila malam tahun baru, pantai ini penuh pengunjung,” kata Jiman, salah satu pengelola warung makanan dan minuman di pantai Ngandong, saat dihubungi lewat telepon, Jumat, (13/12/2013).

Menurutnya, waktu paling tepat untuk menikmati pantai ini saat sepi yakni seminggu menjelang tahun baru dan seminggu setelah tahun baru. Dia mengatakan biasanya tiga hari sebelum dan sesudah tahun baru, pantai mulai dipadati pengunjung.

Namun, dia menjelaskan pengunjung lebih memilih kawasan pantai Sundak dibanding pantai  Indrayanti yang sudah padat khususnya saat malam tahun baru.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Lukas Hendra TM
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro