Travel

Wisatawan di Indonesia Mayoritas ‘Gondol’ Barang di Hotel

Dewi Andriani
Rabu, 11 Desember 2013 - 01:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tiga dari empat wisatawan di Indonesia (75%) mengakui mengambil barang dari kamar hotel tempat mereka menginap, terutama untuk perlengkapan mandi. Angka tersebut lebih tinggi daripada wisatawan dunia yang hanya sekitar 65% atau dua pertiga.

Demikian hasil survey online TripBarometer Truth in Travel yang dirilis TripAdvisor, situs perjalanan online dunia, Selasa (10/12/2013). Penelitian tersebut dilaksanakan oleh Edelman Berland, firma penelitian independen melalui survey online Juni dan Juli 2013. Dengan total responden 10.469 pemilik bisnis akomodasi dan 19.692 orang dewasa berusia 18+ yang pernah melakukan pemesanan perjalanan online dan melaksanakan paling tidak satu kali perjalanan tahun lalu.

Responden berasal dari Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Karibia, China, Mesir, Perancis, Jerman, Yunani, India, Indonesia, Italia, Jepang, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru,Rusia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Spanyol, Thailand, Turki, Uni Emirat Arab, Inggris dan Amerika Serikat.

Sementara itu, hanya tiga dari lima (59%) pengusaha perhotelan global dan 56% pemilik hotel di Indonesia yang melaporkan bahwa tamu mereka sering mengambil berbagai item saat meninggalkan hotel.

Biasanya barang yang paling banyak diambil para tamu ialah peralatan mandi, teh atau kopi, serta alat tulis yang dianggap gratis. Namun, seringkali beberapa wisatawan juga merasa bahwa handuk, lampu, dan baterai yang mereka temukan di kamar sebagai barang yang bebas dibawa pulang.

Sedikitnya 1 dari 4 pengusaha hotel melaporkan kehilangan handuk setelah tamu pergi. Namun, hanya 7% para wisatawan global mengaku pernah mengambil handuk dari kamar hotel.

“Beberapa wisatawan biasanya memiliki ide yang aneh mengenai barang yang bisa jadi kenang-kenangan perjalanan wisata mereka karena wisatawan dunia memang menyukai barang-barang gratis.”

Banyaknya wisatawan yang tertarik dengan barang-barang yang diberikan secara gratis memperkuat pemikiran bahwa salah satu cara menarik tamu ialah dengan menawarkan layanan gratis sebagai bagian dari tariff kamar.

 

Barang yang digondol dari kamar hotel vs. Barang yang dilaporkan hotel diambil tamu

Barang

Travellers

Pengusaha Perhotelan

Peralatan Mandi

45%

32%

Teh atau kopi

23%

14%

Peralatan tulis

21%

11%

Tissu

12%

7%

Handuk 

7%

25%

mini bar konten

3%

7%

gantungan baju 

2%

10%

batre remote TV

1%

7%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro