Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Gelar Lomba Dayung 500 Km di Sungai Musi

Pada 16 - 22 November 2013 akan diselenggarakan Musi Triboatton -- perlombaan olah raga dayung yang menyusuri Sungai Musi sepanjang 500 km.nn
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 10 November 2013  |  14:19 WIB
Pemerintah Gelar Lomba Dayung 500 Km di Sungai Musi

Bisnis.com, JAKARTA – Bagi Anda pecinta olah raga air, siap-siap berkunjung ke Sumatra Selatan, karena pada 16 November hingga 22 Movember akan diselenggarakan Musi Triboatton yakni perlombaan olah raga dayung yang menyusuri sungai Musi sepanjang 500 km.

Perhelatan olah raga dan pariwisata (sport tourism) yang telah dua kali  diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Pemda Sumatra Selatan tersebut akan melombakan tiga jenis olah raga dayung yakni rafting, kayak, dan traditional boat race.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar mengatakan pelaksanaan acara Musi Triboatton ini sebagai salah satu cara mempromosikan Sumsel sebagai destinasi wisata petualangan dalam kegiatan olah raga air di Sungai Musi.

“Indonesia memiliki banyak sungai yang belum dioptimalkan. Palembang dengan sungai Musi juga harus dioptimalkan sebagai refrensi wisata sungai yang ada di dunia,” ucapnya peluncuran Musi Triboatton 2013, Sabtu malam (9/11/2013).

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan event Musi Triboatton ini diharapkan dapat menjadi sarana efektif untuk menaikan pamor pariwisata di Sumsel sehingga dapat menarik jumlah kunjungan wisatawan. Di samping itu, dengan adanya event ini, akan menumbuhkan kesadaran masyarakat Sumsel untuk menjaga kebersihan sungai Musi.

“Tahun-tahun awal kita masih mempromosikan hingga akhirnya pada tahun kelima akan ada hasil signifikan yang kita petik dari penyelenggaraan sport tourism ini,” ucapnya dikesempatan yang sama.

Kegiatan Musi Triboatton yang melombakan 3 jenis olah raga ini akan dibagi dalam lima etape. Etape I mulai dari Tanjung Raya hingga Tebing Tinggi; etape II dari Tebing Tinggi menuju Muara Kelingi; etape III dari Muara Kelingi hingga Sekayu; dan etape IV di mulai dari Sekayu – Pangumbuh; dan etape V dari Pangumbuh hingga Palembang, dengan penutupan di Beteng Kota Besa.

Sebanyak 7 tim dari dalam negeri dan 5 tim dari luar negeri akan berlomba mengikuti Musi Triboatton 2013 untuk memperebutkan total hadiah hingga Rp300 juta. Para peserta akan menjelajahi sungai Musi dengan menggunakan kapal pesiar tradisional sebagai tempat menginap selama penjelajahan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

musi banyuasin PARIWISATA
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top