Kuliner

Rayakan Iduladha, Ini Tip Mengolah Daging Kambing

Puput Ady Sukarno
Senin, 14 Oktober 2013 - 13:50
Bagikan

130718_daging-sapi-7.jpgBisnis.com, JAKARTA – Saat merayakan Hari Raya Idul Adha, para ibu rumah tangga biasanya menghadirkan aneka sajian masakan berbahan dasar daging kambing maupun sapi untuk keluarga tercinta.

Bagi beberapa ibu rumah tangga, merasa kesulitan mengolah daging kambing tersebut, lantaran bau prengusnya tetap menyengat sehingga mengurangi kenikmatan saat menyantapnya. Maka, tidak sedikit yang akhirnya memilih untuk titip masak pada tukang sate untuk dimasakin sate atau pun gulai karena tidak mau repot.

Namun, bagi Anda yang ingin menghadirkan pengalaman special merayakan Idul Adha dengan membuat masakan sendiri berbahan dasar daging kambing, bisa disimak beberapa tip yang berhasil kami rangkum dari beberapa sumber, seperti acara Bango Memasak Bersama beberapa waktu lalu dan informasi lainnya.

Untuk menghilangkan bau prengus dan mengempukkan daging kambing dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain :

  1. Daging jangan sekali-kali terkena air atau dicuci. Dengan mencucinya, justru akan membuat bau prengus kambing yang berasal dari zat feromon tersebut akan semakin kuat. Apabila daging terkena kotoran seperti pasir, cukup di sikat saja atau diambil pakai pinset bagian yang kotor tersebut. Lalu, apabila terpaksa daging kambing tersebut terkena air, jenis masakannya sebaiknya yang berkuah, seperti sup, tidak sate atau pun gulai agar baunya tidak menyengat.
  2. Rendam dalam jus nanas. Selain jangan terkena air, bisa juga direndam dalam parutan lembut atau jus buah nanas. Jus nanas selain mengurangi bau prengus, juga mengempukkan daging kambing tersebut agar tidak alot. Namun, perlu diingat, jangan terlalu lama direndam dalam jus nanas tersebut, karena justru akan merusak kualitas dagingnya.
  3. Gunakan rempah-rempah, seperti jahe dan kunyit. Aroma tajam dari rempah-rempah dapat mengurangi aroma prengus dan juga membuat daging lebih empuk.
  4. Lumuri daging dengan air jeruk nipis atau limau. Aroma segar jeruk limau mampu membantu mengurangi bau prengus daging kambing.
  5. Rebus daging dengan potongan lobak selama setengah jam. Kadar kolin rendah yang dimiliki lobak mampu menyeimbangkan atau menetralisir bau prengus daging kambing yang memiliki kadar kolin tinggi.
  6. Rebus daging dengan kacang hijau. Caranya misalkan daging satu kilogram direbus dengan lima gram kacang hijau selama 15 menit. Tiriskan, lalu olah sesuai selera.
  7. Bisa juga gunakan tebu dan cuka.Untuk satu kilogram daging, rebus menggunakan tebu sebanyak 200 gram,dan cuka 50 gram saja.

 Tambahan, apabila sebelumnya telah menyimpan daging kambing dialmari es, sebaiknya begitu dikeluarkan dari kulkas langsung diolah saja untuk menghindari menuculnya jenis bakteri yang dapat merusak kesehatan. Demikian beberapa tip yang dapat langsung anda coba praktekkan dirumah untuk membuat hari raya Iduladha semakin special.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro