Travel

NTB Ngebet Seperti Bali, Asita Bundling Paket Wisata

Bambang Supriyanto
Jumat, 11 Oktober 2013 - 23:53
Bagikan

Bisnis.com, MATARAM - Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia(Asita) Nusa Tenggara Barat mengajak asosiasi serupa di Bali untuk mengemas paket wisata, agar semakin banyak wisatawan mancanegara yang bepergian ke Pulau Lombok dan Sumbawa, serta pulau-pulau kecil (gili).

"Akhir bulan nanti kami ke Bali untuk menyepakati paket wisata yang dikemas bersama pengurus Asita Bali," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah  Asita NTB Agus Mulyadi, Jumat (11/10).

Dia menjelaskan jalinan kerja sama dengan Asita Bali itu merupakan bagian dari upaya memperbanyak kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara ke wilayah NTB.

Paket wisata itu akan dikemas bersama, seperti kunjungan empat hari di Pulau Bali, kemudian 3 hari di Pulau Lombok atau Sumbawa serta gili wisata.

"Semoga rencana kami berjalan lancar, dan diyakini akan ada banyak wisatawan ke NTB karena dimudahkan oleh Asita NTB dan Bali," ujarnya.

Agus mengakui, Asita Bali sudah berperan baik dalam menjamu wisatawan mancanegara maupun nusantara, sehingga Pulau Bali dikunjungi lebih dari lima juta wisatawan setiap tahun.

Sementara NTB baru dikunjungi sejuta wisatawan, sehingga Asita NTB merasa perlu berkreasi dalam mengemas paket pariwisata.

"Kami akan yakinkan Asita Bali, bahwa NTB pun siap menjamu wisatawan dengan baik, sehingga paket wisata Bali-Lombok itu dapat direalisasi," ujarnya.

Kendati demikian, Agus membenarkan kalau berbagai pihak di wilayah NTB juga harus menempuh berbagai upaya nyata agar wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lombok, Sumbawa, dan gili-gili, selalu merasan aman, nyaman dan tentram.

Bali sudah terkenal di berbagai penjuru dunia sebagai daerah wisata yang ramah wisatawan atau "welcome tourism" sehingga kunjungan wisatawan ke daerah itu semakin meningkat setiap tahun.

Sementara "welcome tourism" di wilayah NTB masih perlu dibenahi dan dilakukan berbagai upaya penyadaran masyarakat.

"Kami akan bersama-sama pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya, menata aspek kenyamanan dan ketentraman wisatawan. Para agen wisata juga ditekankan untuk memperlancar kunjungan wisatawan, demikian pula komponen masyarakat lainnya," ujarnya.

Menurut dia, NTB memiliki peluang besar untuk maju di sektor pariwisata, karena memiliki potensi wisata yang menjanjikan.

Objek wisata di Pulau Lombok dan Sumbawa tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan objek wisata di Pulau Bali dan daerah lainnya.

Apalagi, NTB terus membenahi infrastruktur dasar pendukung sektor pariwisata seperti jalan dan jembatan, sehingga mempermudah akses ke objek wisata andalan yang dimiliki.

"Jangan sampai wisatawan kecewa setelah berkunjung ke NTB. Itu pekerjaan rumah bersama pihak-pihak terkait di daerah ini," ujar Agus.

Pemerintah Provinsi NTB mengklaim jumlah kunjungan wisatawan ke Pulau Lombok dan Sumbawa serta pulau-pulau kecil (gili) sepanjang 2012 mencapai 1,01 juta orang lebih, terdiri dari 411.073 orang wisatawan mancanegara dan 600.141 orang wisatawan domestik.

Sebagai pembanding, jumlah kunjungan wisatawan 2008 mencapai 544.501 orang, terdiri dari 213.926 orang wisatawan mancanegara dan 330.575 orang wistawan domestik.

Selanjutnya, kunjungan wisatawan 2009 yang terdata sebanyak 619.097 orang, terdiri dari 232.252 orang wisatawan mancanegara dan 386.845 orang wisatawan domestik.

Kunjungan wisatawan 2010 terdata sebanyak 725.388 orang, terdiri dari 282.161 orang wisatawan mancanegara dan 443.227 orang wisatawan domestik.

Kunjungan wisatawan 2011 terdata sebanyak 886.880 orang, terdiri dari 364.196 orang wisatawan mancanegara dan 522.684 orang wisatawan domestik.

Sedangkan jumlah hotel berbintang di wilayah NTB terdata sebanyak 40 unit dengan kapasitas kamar sebanyak 2.453 unit, yang menyebar di enam kabupaten/kota yakni Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok tengah, Lombok Utara, Sumbawa Barat, dan Sumbawa.

Hotel melati/pondok wisata terdata sebanyak 744 unit dengan kapasitas kamar sebanyak 7.939 unit, yang menyebar di 10 kabupaten/kota di wilayah NTB, tetapi terbanyak di Kota Mataram dan Lombok Utara. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro