Travel

Banyak Sungai, Banjarmasin Kembangkan Wisata Kuliner

Fatkhul-nonaktif
Selasa, 24 September 2013 - 08:35
Bagikan

Bisnis.com, BANJARMASIN - Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mengembangkan wisata kuliner untuk memperkuat julukan daerah setempat sebagai kawasan wisata perairan.

“Lokasi yang dipilih untuk pengembangan wisata kuliner tersebut adalah tepian Sungai Martapura, atau Jalan Pos,” kata Kepala Dinas Sosial dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Hamli Kursani, di Banjarmasin, Selasa (24/9/2013).

Menurut Hamli, sekarang dibangun 50 kedai (warung) se-panjang Jalan Pos yang akan ditempati 50 pedagang yang dipilih di antaranya 20 pedagang yang sebelumnya ada di lokasi tersebut dan 30 pedagang lagi didatangkan dari luar.

Untuk menjaga kebersihan sungai, Pemkot Banjarmasin melarang pedagang mencuci piring dan peralatan dagang di tepi sungai. Sebagai gantinya, Pemkot akan menyalurkan air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) ke setiap warung pedagang.

Jenis dagangan yang dianjurkan ke lokasi tersebut tentu kuliner khas setempat, seperti nasi kuning, laksa, katupat kandangan, serabi, serta masakan khas Banjar, dan kue 41 macam.

Banjarmasin minim sumber daya alam seperti hutan, tambang, dan pertanian, tetapi kaya sungai karena terdapat 104 sungai yang akan dijadikan penggerak ekonomi melalui kepariwisataan.

Dia memperkirakan sebulan ke depan lokasi tersebut sudah siap dikunjungi karena akses ke lokasi tersebut mudah ditempuh, baik melalui jalur darat maupun jalur sungai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul-nonaktif
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Newswire
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro