Kuliner

Inilah 6 Cara Konsumsi Makanan Halal di Luar Negeri

News Editor
Selasa, 24 September 2013 - 18:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Berwisata ke berbagai negara adalah terkadang tak gampang menemukan makanan halal. Bagi kaum muslimin hal ini tentu merepotkan. Inilah enam cara untuk memastikan Anda tetap mengonsumsi makanan halal saat berada di luar negeri.

1. Membawa cukup bekal berlabel halal

Lebih baik membawa beberapa makanan instan dan snack berlabel halal di dalam tas atau koper dari pada kelaparan karena sulit menemukan makanan yang halal di negeri orang.

Di Amerika Serikat, beberapa jaringan supermarket seperti Trader's Joe dan Whole Foods menyediakan deretan makanan halal di beberapa cabang besarnya. Pilihan lainnya adalah dengan mengonsumsi berbagai jenis kacang kering atau berbagai produk vegetarian yang tidak mengandung sodium dan MSG.

Produk vegetarian sendiri mungkin adalah penyelamat yang tepat jika sedang berada di negara-negara maju karena penganut pola hidup ini cukup banyak dan menjadi pasar penting dalam industri konsumsi massal.

2. Membawa perabot piknik

Terdengar berlebihan? Tidak juga. Perabot piknik tidak semuanya berukuran besar karena kini sudah banyak tersedia perkakas masak khusus segmen travel light, termasuk di antaranya portable magic com yang memiliki berat sesuai dengan aturan bagasi penerbangan.

Anda cukup berbelanja bahan makanan segar di supermarket terdekat di tempat tujuan dan memasaknya di kamar hotel. Sudah tentu terjamin halal, bukan?

3. Berkunjung ke pasar segar

Pasar tradisional atau yang di luar negeri populer dengan julukan farmer's market banyak ditemui di berbagai kota, baik besar maupun kecil. Jika di negara yang kondisinya tidak berbeda atau bahkan jauh buruk dari pasar tradisional di Indonesia, saran terbaik adalah untuk membeli sayuran dan buah segar. Namun jika sedang berada di negara maju, produk olahan berlabel organik dapat menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan akan makanan halal.

4. Membawa direktori makanan halal

Salah satu hal yang ingin dicoba saat berada di luar negeri adalah mencicipi kuliner setempat, namun seringkali ragu akan jaminan halalnya.

Anda dapat mencetak direktori makanan halal di berbagai destinasi wisata dunia dengan berkunjung ke situs onmyhalalkitchen.com yang menghapus rekomendasi tempat makan yang menggunakan babi dan alkohol.

5. Berbelanja makanan segar di toko lokal

Jika Anda belum memikirkan cukup jauh tentang bagaimana mencari makanan halal di destinasi wisata yang dituju, berbelanja makanan segar di toko lokal sangat disarankan. Berbagai makanan segar yang mendapat cukup jaminan halal di antaranya adalah sayuran, buah, madu, roti, dan susu sapi segar.

6. Memilih restoran seafood

Restoran vegetarian jelas tidak akan menyediakan sumber makanan ataupun pelengkapnya yang mengandung bahan hewani. Sedangkan di restoran seafood, selain karena seluruh jenis makanan laut itu halal, juga karena umumnya restoran jenis ini menggunakan minyak sayur dan saus tiram dalam pengolahannya.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika ada kandungan babi. Namun, untuk alkohol sendiri masih perlu waspada. Lebih baik tanyakan dengan jelas detail makanan yang Anda pesan di restoran untuk memastikan bahwa bahan-bahan non-halal tidak ikut tercampur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Lahyanto Nadie
Sumber : JIBI/kabar24.com/Happy Ferdian
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro