Travel

Asita Siapakan Paket untuk Wisatawan Timur Tengah

Dewi Andriani
Senin, 23 September 2013 - 04:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Association of The Indonesian Tour and Travel Agencies (Asita) tengah menyiapkan paket wisata kepada para wisatawan asal Timur Tengah berlibur ke Indonesia pada musim haji pada tahun depan.

Ketua Umum Asita Asnawi Bahar mengatakan biasanya pada musim haji, banyak masyarakat Arab ke luar negeri. Kondisi ini menurutnya harus ditangkap oleh Indonesia untuk meningkatkan jumlah kunjungan Arab ke Indonesia dengan memanfaatkan pesawat carteran yang mengantar para jamah haji ke Mekkah.

"Seharusnya ada program, ketika pesawat haji pulang ke Indonesia kosong, digunakan untuk mengangkut wisatawan Arab dengan membuat paket harga khusus," ujarnya Minggu (22/9/2013).

Menurutnya, pihak Kementerian Keagamaan telah menyambut baik usul tersebut dan siap menyediakan pesawat carteran dengan memberikan harga khusus. "Kami sudah melakukan terobosan dengan menyiapkan paket, dari Ditjen Haji sudah sepakat untuk meminjamkan pesawatnya."

Dari pihak travel agent akan menyiapkan paket Islamic Tourism, misalnya dengan berziarah ke makam-makam Islami, melihat berbagai parade kebudayaan Indonesia. Di samping itu, tentu saja menyiapkan paket wisata yang memperlihatkan keindahan alam Indonesia.

Nantinya, para wisatawan tersebut akan diberangkatkan menuju daerah-daerah embarkasi haji, seperti Padang, Medan, Palembang, Makassar, Jakarta, Solo, dan lainnya. Setelah itu, para wisatawan tersebut dapat memilih paket wisata ke berbagai daerah lainnya.

"Untuk tahap awal, para wisatawan tersebut di bawa ke daerah-daerah yang masuk dalam embarkasi haji. Dari sana, mereka dapat memilih paket wisata ke daerah lain."

Namun, hal tersebut menurutnya harus didukung oleh pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mempromosikan paket wisata yang ditawarkan selama musim haji.

"Kami sudah mencoba membuat paketnya, tapi belum berhasil tanpa adanya dukungan padahal ini pasar yang sangat besar.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro