Travel

Festival Derawan 2013, Warga Pulau Minta Personil Polairud Ditambah

Miftahul Khoer
Rabu, 18 September 2013 - 19:56
Bagikan

Bisnis.com, BERAU - Masyarakat peduli Pulau Derawan meminta Pemerintah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur untuk menambah jumlah personil polisi air dan udara (Polairud).

Humphry Singal, Ketua Bidang Yacht Rally Utara untuk Festival Komodo, menghawatirkan jika pulau sebesar Derawan tidak didukung oleh keamanan yang memadai bakal berpengaruh terhadap jumlah kunjungan.

"Jumlah Polairud di Pulau Derawan ini hanya ada dua personel, sementara jumlah pengunjung setiap hari terutama pada hari pekan membludak," katanya saat ditemui di lokasi Festival Derawan 2013, Rabu (18/9/2013).

Dia mencontohkan jika libur lebaran tiba, pengunjung bisa mencapai 6.000 wisatawan domestik dan asing. Jumlah Polairud yang ada tidak mencukupi keamanan tempat wisata.

Menurut Humphry, idealnya jumlah Polairud untuk tempat wisata seperti Pulau Derawan bisa dihitung sesuai angka pengunjung. "Minimal satu polisi perbandingannya untuk 200 wisatawan," paparnya.

Pulau Derawan merupakan salah satu tempat wisata yang dikenal menyimpan keindahan alam dan biota laut. Selain airnya jernih, Pulau Derawan juga dikenal sebagai sorganya para divers atau penyelam.

Para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Derawan tak sedikit menyengaja untuk melihat penyu-penyu yang berkeliaran di tepi pantai. Di pulau itu juga terumbu karangnya masih dilindungi dan tampak terawat.

Humphry menambahkan, jika jumlah Polairud diperbanyak, tidak menutup kemungkinan bakal menarik wisatawan asing yang datang dari berbagai mancanegara.

"Biasanya para wisatawan asing sangat memperhatikan keamanan jika ingin berkunjung ke Indonesia. Makanya, saya berharap Pemerintah Kabupaten Berau untuk lebih peduli terhadap masalah ini," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Miftahul Khoer
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro