Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hindari Kartu Merah Unesco, Manfaat Batur Global Geopark Dipercepat

 Gunung Batur                          Bisnis/Martin SihombingBisnis.com, DENPASAR - Pemerintah akan mendorong pemanfaatan
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 16 September 2013  |  15:12 WIB

 Gunung Batur                          Bisnis/Martin Sihombing

Bisnis.com, DENPASAR - Pemerintah akan mendorong pemanfaatan Batur Global Geopark  di Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali yang telah ditetapkan sebagai geopark global oleh Unesco.

Gunung Batur  yang bersisian dengan Danau Batur ditetapkan sebagai  geopark global oleh Unesco di The 11th European Geopark Conference di Arouca, Portugal pada 19 – 21 September 2013.

Sesuai aturan Unesco penetapan sebagai geopark akan dicabut jika tidak bermanfaat bagi masyarakat di sekitar, tidak ada konservasi dan tidak menjadi media edukasi bagi masyarakat luas.

Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Firmansyah Rahim mengatakan pemerintah tidak mau penghargaan Unesco itu ditarik kembali.

"Setiap tiga tahun Unesco akan memvalidasi penghargaan itu. Kami tidak mau mendapat kartu merah atau kartu kuning dari Unesco," ujar Dirjen dalam Conveergence Meeting Destinasi Management Organitation (DMO) Dalam Rangka Konsolidasi Program DMO Bali di Denpasar, Bali, Senin (16/9/2013).

Firmansyah mengatakan pihaknya akan menggerakan pembangunan di kawasan Geopark Batur, Kintamani. "Kami Siapkan anggarannya," tutrnya.

Dia berharap Batur Global Geopark ini seperti geopark di Jepang. "Di sana ada museum, ada treking, geo site, museum," paparnya.

Dia mengajak semua pihak untuk memanfaatkan momentum ini. "Ini untuk kembali membangkitkan era emas pariwisata Kintamani. Juga nama Indonesia. Kawasan  Kintamani --lokasi Gunung dan Danau Batur itu berada--  dulu sangat terkenal. Kini sudah mulai kalah dari daerah lainnya," ungkapnya.

Indonesia juga tengah berjuang untuk menggolkan lima objek wisata di Indonesia a.l  Danau Toba, Gunung Sewu, Rinjani, Raja Ampat.

Geopark merupakan ajang untuk media pendidikan a.l soal terbentuknya bumi, konservasi dan pemberdayaan masyarakat.  Di Jepang yang memiliki geopark telah memperoleh hasil positif berupa melonjaknya kunjungan wisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata bali geopark gunung batur gunung batur
Editor : Bambang Supriyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top