Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Maknyos, Kuliner Kaki Lima Indonesia Ini Terbaik Dunia

Bisnis.com, JAKARTA - Para pelaku usaha kuliner di Tanah Air diminta terus berinovasi menciptakan cita rasa masakan Nusantara yang dapat ditampilkan di kancah internasional.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 01 September 2013  |  22:32 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Para pelaku usaha kuliner di Tanah Air diminta terus berinovasi menciptakan cita rasa masakan Nusantara yang dapat ditampilkan di kancah internasional.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Indonesia Wiryanti Sukamdani mengatakan kuliner Indonesia sebetulnya sudah semakin diperhitungkan di mancanegara dengan keberanekaragamanan rempah yang menghasilkan cita rasa dan bumbu yang kaya.

Hal ini terbukti dengan terpilihnya empat masakan khas Nusantara dalam daftar kuliner kaki lima terbaik di dunia oleh World Street Food Congress di Singapura.

Makanan khas Nusantara itu yakni Soto Ayam Ambengan Pak Sadi Asli yang berhasil menempati urutan pertama, Sate Ayam Barokah Haji Basiri urutan ke-6, Nasi Campur Khas Bali Made Weti yang berada pada posisi ke-11, dan Nasi Kapau Afdal urutan ke-16.

Bahkan pada 2011, penilaian majalah Time menempatkan rendang sebagai masakan terlezat di dunia.  “Ini bukan sesuatu yang sepele, tapi sangat membanggakan, bagaimana UKM tersebut bisa mendapatkan peringkat dunia. Mereka diharapkan selalu berinovasi menciptakan citarasa Nusantara yang bisa ditampilkan di kelas dunia,” katanya di sela-sela Ina Culinary 2013, Sabtu (31/8/2013).

Pihaknya pun semakin gencar mempromosikan kekayaan kuliner khas Indonesia, salah satunya melalui berbagai acara baik di dalam maupun luar negeri, seperti ajang festival kuliner Ina Culinary yang telah kali kedua diselenggarakan.

Sebelumnya, Akhyaruddin, Direktur Pengembangan Wisata Minat Khusus, Konvensi, dan Insentif Kemenparekraf, menuturkan pada akhir 2012 pemerintah telah menetapkan 30 ikon kuliner Indonesia.

Kuliner tersebut terpilih karena dinilai paling layak mewakili masakan nasional di kancah dunia Internasional, dengan Tumpeng Nasional dikukuhkan sebagai pengikat dari ke-30 ikon kuliner tersebut.

Dia menilai ikon-ikon tersebut penting untuk berkiprah ke mancanegara, Indonesia harus mampu fokus dan menetapkan makanan yang akan dijadikan ikon. “Dengan terpilihnya ikon-ikon ini diharapkan kita mampu bersaing dan menunjukkan kekhasan Indonesia,” ucapnya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner masakan nusantara soto ayam ambengan sate ayam ina culinary
Editor :
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top