Travel

Festival Danau Toba 2013: Hotel Penuh, Homestay & Tenda Siap Tampung Turis

Sukirno
Kamis, 22 Agustus 2013 - 20:39
Bagikan

Bisnis.com, MEDAN - Tingkat hunian hotel di kawasan Danau Toba saat Festival Danau Toba (FDT) diperkirakan penuh, sehingga Pemerintah Kabupaten Samosir selaku panitia akan memanfaatkan tenda dan rumah penduduk untuk penginapan wisatawan.

Bupati Samosir Mangindar Simbolon mengatakan gelaran FDT 2013 akan meyedot banyak animo wisatawan baik mancanegara maupun wisatawan nusantara. Diperikirakan hotel dan penginapan di Samosir dan Parapat tidak akan cukup menampung membludaknya wisatawan.

"Kami sudah menyiapkan homestay di beberapa desa, rumah penduduk, aula rumah ibadah juga bisa disewakan, kami juga menyiapkan tenda-tenda yang bekerjasama dengan para pemilik tanah," ujarnya saat sosialisasi FDT 2013 di Hotel Danau Toba Internasional Medan hari ini, Kamis (22/8/2013).

Dia mengatakan pada tujuh tahun terakhir wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Danau Toba terus meningkat. Di Samosir, wisman yang tampak berwisata di Danau Toba selalu terlihat hilir mudik. 

Pada gelaran FDT 2013 ini, panitia dari Kabupaten Samosir membuat kebijakan agar kegiatan itu berdampak langsung kepada masyarkat. Termasuk hadirnya turis asing dan lokal yang datang ke FDT 2013.

Panitia FDT 2013 tidak menyediakan makanan bagi peserta dan pengunjung yang datang ke Danau Toba. Panitia hanya menyiapkan foodcourt di area FDT 2013 yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Para pedagang diwajibkan berasal dari masyarakat sekitar Danau Toba dengan catatan makanan yang dijual harus sehat, halal, dan memiliki daftar harga.

"Nanti ada minuman tuak juga tetapi harus terjamin kualitasnya, ada kerang dari Tanjung Balai, kalau makanan siap saji asing kami tidak mengizinkan untuk buka di FDT 2013," paparnya.

Untuk akomodasi, selain hotel, penginapan, dan tenda di kawasan Samosir, panitia juga bekerjasama dengan kabupaten/kota lainnya di sekitar Danau Toba untuk menampung wisatawan.

Bahkan, bagi peserta olah raga hingga saat ini juga belum terpenuhi penginapannya sehingga harus didukung dari Parapat, Siantar, dan Berastagi.

Sementara itu, untuk transportasi wisatawan saat FDT 2013 kapal penyeberangan harus dijamin layak untuk berlayar. Angkutan darat juga telah disiapkan dengan jadwal yang diatur lebih jelas. 

"Sedangkan untuk parkir kendaraan, masyarakat bisa memanfaatkan pekarangannya untuk parkir tetapi harus daftar dan tanda panitia, semua ada tarif jelas," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro