Travel

Libur Lebaran, 1,2 juta Orang Penuhi Objek Wisata Jakarta

Rio Sandy Pradana
Selasa, 6 Agustus 2013 - 02:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Sebanyak 1,2 juta orang diprediksi memenuhi beberapa objek wisata di Jakarta pada masa libur Lebaran yang akan berlangsung mulai H-2 hingga H+7.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta Arie Budhiman menuturkan lonjakan pengunjung di beberapa objek wisata Jabodetabek akan naik 10%-12%. Wisatawan ini akan terpusat di beberapa objek wisata tradisional seperti TMII, Taman Margasatwa Ragunan, Monumen Nasional (Monas), dan Taman Impian Jaya Ancol.

“Libur [Lebaran] tahun ini, sebanyak 1,2 juta orang baik wisatawan nusantara atau mancanegara akan bergerak ke objek wisata tersebut. Selain itu, mereka juga akan memenuhi beberapa pusat perbelanjaan terkenal,” kata Arie kepada Bisnis, Senin (5/8/2013).

Berdasarkan data Disparbud DKI Jakarta jumlah wisatawan selama libur Lebaran 2012 antara H-2 hingga H+7 sebanyak 1,1 juta orang dengan pertumbuhan 10%. Adapun, jumlah wisatawan pada libur Lebaran 2011 sebesar 1 juta orang.

Menyikapi lonjakan jumlah wisatawan, Arie telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pengelola objek wisata dan Polda Metro Jaya. Pengelola objek wisata diminta untuk memperhatikan kesiapan sarana dan prasarana seperti kesiapan alat permainan dan mensiagakan tim kesehatan di beberapa titik.

Adapun, lanjutnya kepolisian bertugas mengamankan dan mengatur lalu lintas sekitar objek. Tugas pengamanan objek wisata ini termasuk dalam operasi Ketupat Lebaran dan diperkuat dengan 1.200 personil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro