Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inilah 10 Negara dengan Turis Terbanyak di Dunia

Bisnis.com, JAKARTA—Negara manakah yang paling dibanjiri turis? Sebuah studi dari PBB mengungkapkan Prancis merupakan negara nomor wahid yang jadi target para pelancong pada 2012. Adapun Bangkok dinobatkan sebagai kota dengan pengunjung terbanyak
Ardhanareswari AHP
Ardhanareswari AHP - Bisnis.com 04 Agustus 2013  |  21:10 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Negara manakah yang paling dibanjiri turis? Sebuah studi dari PBB mengungkapkan Prancis merupakan negara nomor wahid yang jadi target para pelancong pada 2012. Adapun Bangkok dinobatkan sebagai kota dengan pengunjung terbanyak di dunia.

Sayap PBB untuk pariwisata, United Nations World Tourism Organization, menunjukkan sekitar 83 juta orang mengunjungi Prancis tahun lalu, melebihi populasi negara tersebut yang hanya 66 juta jiwa.

Stasiun ski di gugusan Pegunungan Alpen yang memikat serta resor a la Mediterania menjadi kunci kuatnya magnet Prancis bagi para turis.

Prancis berhasil mengungguli Amerika Serikat sebesar 16 juta turis dan menggeser Negeri Paman Sam itu ke posisi kedua, menyusul China, Spanyol, dan Italia untuk melengkapi posisi 5 besar negara dengan turis terbanyak di dunia.

Meski punya potensi turis yang luar biasa besar, Prancis tampaknya bermasalah untuk mengundang para pelancong menghabiskan uang di sana.

Pariwisata menyumbang 7% dalam produk domestik bruto Prancis, lebih besar dibandingkan dengan industri otomotifnya sekalipun. Namun demikian, rerata jumlah uang yang dihabiskan seorang turis hanya sekitar US$646, terpaut jauh dari pengeluaran turis di negara yang hanya ada di 10 besar seperti Rusia.

Rata-rata, seorang turis menghabiskan US$1.884 di AS, US$1.253 di Jerman, dan US$1.249 di Inggirs. Adapun pengunjung di Makau yang terkenal karena kasinonya, menghabiskan hingga US$3.213 per orang.

Sekitar 83% pengunjung Prancis memang berasal dari negara Eropa. Hal itu bisa jadi penjelasan atas jumlah rerata pengeluaran yang dihabiskan oleh turis Prancis. Sebagian dari turis itu lebih memilih untuk berkemah dan membeli makanan dari supermarket dibandingkan dengan tidur di hotel dan makan di restoran.

Adapun di AS, hanya 55% turis asing yang datang dari dua negara tetangga, Kanada dan Meksiko, Sisanya, sebanyak 45% berkontribusi 78% dari total pengeluaran turis AS dengan rerata tinggal di negara tersebut selama 18 hari.

Untuk kategori kota, menurut perkiraan Mastercard, Bangkok adalah kota dengan pengunjung terbanyak, yaitu 15,98 juta per tahun, terpaut tipis dari London dengan 15,96 juta pengunjung.

Paris berada di urutan ketiga dengan 13,92 juta turis, diikuti oleh Singapura dan New York dengan masing-masing dengan jumlah turis sebanyak 11,75 juta dan 11,52 juta.

Negara dengan Turis Terbanyak

Negara

Pengunjung/tahun

Total pengeluaran (US$miliar)

Prancis

83 juta

53,6

AS

67 juta

126,2

China

57,7 juta

50

Spanyol

57,7 juta

55,9

Italia

46,4 juta

41,2

Turki

35,7 juta

25,7

Jerman

30,4 juta

38,1

Inggris

29,3 juta

36,6

Malaysia

25 juta

20,2

Rusia

25,7 juta

11,2

Sumber:  UN-WTO

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata prancis as china pbb italia spanyol bangkok world tourism organization turis terbanyak

Sumber : CNN

Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top