Travel

Wisatawan Domestik Naik, Sebab Jumlah Penduduk Juga Banyak

Rio Sandy Pradana
Senin, 1 Juli 2013 - 19:41
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA—Jumlah penduduk dinilai berpengaruh pada banyaknya jumlah perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) pada suatu wilayah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pengestu mengatakan beberapa provinsi di Pulau Jawa menjadi penyumbang jumlah perjalanan  wisatawan domestik pada kuartal I/2013 yang mencapai 55,7 juta orang.

“Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan DKI Jakarta menjadi kontributor terbesar perjalanan wisnus. Tingginya jumlah penduduk di wilayah ini menjadi penyebabnya,” kata Mari dalam jumpa pers, Senin (1/6/2013).

Berdasarkan data Kemenparekraf jumlah kunjungan wisnus kuartal I/2013 naik hingga 3,41% dibandingkan dengan kuartal I/2012 sebanyak 53,8 juta orang. Adapun, Jawa Timur berkontribusi 10,4 juta orang, Jawa Tengah 8,1 juta orang, Jawa Barat 7,9 juta orang, dan DKI Jakarta 3,3 juta orang.

Mari menambahkan daerah yang menjadi kontributor perjalanan terbesar wisnus ini akan dijadikan target promosi langsung penjualan paket wisata domestik. Dia memprediksi perjalanan wisnus akan mengalami lonjakan pada musim liburan sekolah dan hari raya.

Lonjakan ini akan terjadi pada kuartal II/2013 karena ada liburan sekolah, libur Lebaran pada kuartal III/2013, dan libur Natal dan Tahun Baru pada kuartal IV/2013.

Dia menjelaskan pergerakan wisnus pada kuartal I/2013 dengan kenaikan tertinggi adalah Nusa Tenggara Barat (34,88%), Kalimantan Timur (30,82%), dan Kepulauan Riau (22,43%). Peningkatan ini, kata Mari, disebabkan adanya booming bisnis pertambangan dan komoditas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro