Travel

Kunjungan Wisman Bisa Tembus 8,6 Juta

Rio Sandy Pradana
Senin, 1 Juli 2013 - 19:43
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA—Pemerintah masih optimistis mampu mencatatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) hingga 8,6 juta orang pada akhir tahun.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan pertumbuhan jumlah wisman pada Mei 2013 yang mencapai 7,65% dibandingkan dengan Mei 2012 masih dalam jalur yang tepat, meskipun dalam situasi perekonomian global yang belum stabil.

“Kami optimistis dengan melihat pertumbuhan ini. Selama pertumbuhan wisman berkisar 6%-7% masih on track. Pencapaian hingga Mei ini telah mencapai 41% dari jumlah wisman tahun lalu,” kata Mari dalam jumpa pers, Senin (1/6/2013).

Dia menambahkan pertumbuhan jumlah wisman masih bisa meningkat hingga Agustus. Terlebih tahun ini bisa disebut year of meeting, incetives, convention, and exhibition (MICE) bagi Indonesia karena akan banyak kegiatan internasional yang diselenggarakan.

Mari menyebutkan hingga akhir tahun ini akan ada acara KTT APEC 2013, World Toilet Summit, Konferensi tingkat Menteri ke-9 (MC9) World Trade Organization, dan Miss World.

Berdasarkan informasi yang didapat Mari dari Kementerian Luar Negeri, akan ada 96 meeting SOM APEC, sedangkan dari CEO Meeting ada 1.200 orang yang datang dengan prediksi pengeluaran rata-rata US$4.000 per orang.

Menurutnya, belanja yang dikeluarkan wisatawan dari sektor MICE bisa mencapai tiga kali lipat dibandingkan dengan wisata biasa. Pengeluaran ini dipengaruhi oleh asal negara dan kegiatan yang mereka lakukan.

“Misalnya golf tourism. Walaupun mereka hanya tinggal 5 hari di sini, tetapi pengeluarannya bisa mencapai US$3.000. Bandingkan dengan kunjungan wisata biasa dengan lama tinggal 7 hari, pengeluarannya hanya ratusan dolar,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro