Travel

FESTIVAL SARONGGE: Pengembangan Desa Wisata Butuh Waktu 5 Tahun

Rio Sandy Pradana
Sabtu, 29 Juni 2013 - 17:13
Bagikan

BISNIS.COM, CIANJUR-Pengembangan Desa Wisata Sarongge Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, diprediksi membutuhkan waktu 5 tahun agar bisa berkelanjutan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan kunci sukses pengembangan sebuah desa wisata dilihat dari kemandirian masyarakat dalam memanfaatkan potensi wisata sebagai mata pencaharian.

"Berdasarkan pengalaman saya dulu ikut NGO [non government organization], pengembangan desa wisata butuh waktu 5 tahun. Saat itu masyarakatnya sudah bisa berjalan sendiri tanpa bantuan berupa insentif dari masyarakat," kata Mari seusai peresmian Festival Sarongge, Sabtu (29/6/2013).

Dia menambahkan program ini bisa berdampak positif pada pariwisata dan ekonomi kreatif. Tentu saja untuk mencapai sasaran itu dibutuhkan kolaborasi antara pemerintah, swasta, dan masyarakat.

"Penyelenggaraan festival ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan budaya masyarakat Sarongge. Desa ini merupakan desa penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Yusran Yunus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro