Kuliner

MENU HUT JAKARTA: Dari Gabus Pucung Hingga Lontong Cap Go Meh

Reni Efita
Jumat, 14 Juni 2013 - 20:13
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA—Untuk menyemarakkan HUT DKI ke-486, Hotel Mellenium ikut berpartisipasi dengan mengadakan Batavia Food Festival yang berlangsung di Café Sirih pada 17-22 Juni.

Menu makanan Batavia yang ditawarkannya berbeda dengan kebanyakan menu yang biasa ditampilkan di setiap acara festival makanan Batavia.

Betawi Peranakan, kata Heriyanto Executif Chef Hotel Millenium, merupakan menu unggulan yang akan ditawarkan pada festival tersebut. Selama ini, katanya, lebih banyak restoran yang menampilkan masakan tradisional.

Mulai dari makanan pembuka, menu utama, hingga makanan penutupnya akan ditampilkan dengan menu berbeda untuk makan siang dan makan malam.

“Perbedaan terdapat pada rasa. Betawi Peranakan memiliki rasa asam dan manis, sedangkan rasa makanan tadisional lebih banyak manis,” kata Hariyanto, 48, yang sudah berkecimpung selama 30 tahun dalam meracik berbagai menu nusantara dan internasional itu.

Pada pekan festival makanan itu sedikitnya akan menampilkan 20 menu peranakan dan 20 menu original. Menu peranakan yang akan ditampilkan di antaranya gabus pucung, soto betawi, lontong cap gomeh, ayam gulung ngohiong betawi, asem-asem daging, sosis panjang, urab Betawi, dan opor ayam.

Makanan kue camilan dapat berupa dodol betawi, kembang goyang, selendang mayang, kue apek, kue cucur, kue pancong, dan kue rangi.

Terdapat pula bir pletok yang menjadi ciri khas minuman khas Betawi. Meski namanya bir pletok, tapi bukan merupakan minuman yang memabukkan. Bahannya terbuat dari kayu secang sebagai pewarna dan pewangi, gula merah, jahe, kayu manis, dan gula aren.

Menu itu dihidang dalam buffet di café Sirih yang berkapasitas 200 tempat duduk itu.

Untuk memperkuat nuansa tempo dulu, kata Yudiawan, Director of Food and Beverage Hotel Millenium, Café Sirih akan didekorasi dengan perpaduan ornamen khas betawi di antaranya rumah betawi, sepeda ontel, sangkar burung, dan lain-lain.

Para pencinta kuliner yang ingin bernostalgia dengan menikmati hidangan itu dapat merogoh koceknya sebesaar RP150 ribu++ untuk makan siang dan Rp165.000++ untuk makan malam dengan makan sepuas-puasnya. (Kabar24/aw/ln)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Editor : Lahyanto Nadie
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro