Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TOUR DE SINGKARAK: Pebalap dan Official Lepas Tukik dan Tanam Pohon

BISNIS.COM, PADANG - Pebalap sepeda dan official Tour de Singkarak (TDS) melakukan aksi sosial pelepasan ratusan anak penyu atau tukik dan penanaman pohon di Pantai Air Manis Padang, Sumatera Barat.
News Writer
News Writer - Bisnis.com 08 Juni 2013  |  02:31 WIB

BISNIS.COM, PADANG - Pebalap sepeda dan official Tour de Singkarak (TDS) melakukan aksi sosial pelepasan ratusan anak penyu atau tukik dan penanaman pohon di Pantai Air Manis Padang, Sumatera Barat.

"Pelepasan tukik dan penanaman pohon ini merupakan kerja sama dengan program peduli Daihatsu Selamatkan Penyu untuk Indonesia dan program BNI Go Green," kata Executive Chairman Tour de Singkarak, Sapta Nirwandar di Padang, Sabtu (8/6/2013).

Menurut dia, acara pelepasan tukik oleh para pebalap itu merupakan program istirahat hari ke-6 balap sepada TDS 2013. "Rest Day program hari ini memberikan kesempatan bagi seluruh atlet, officials dan media untuk beristirahat sejenak, setelah 5 etape yang cukup melelahkan," ungkap dia.

Sebelum melakukan etape 6 (Pariaman-Painan), para pebalap dan official sambil beristrirahat diajak untuk melepaskan tukik dan menanam pohon di Pantai Air Manis.

"Pantai Air Manis Padang yang indah ini menjadi tempat yang tepat untuk rileks dan menikmati makan siang dengan suasana pemandangan laut sambil ikut aksi sosial penanaman pohon dan pelepasan tukik di pantai," ujar Sapta Nirwandar.

Executive Officer PT Astra Daihatsu Motor Pradipto Sugondo mengatakan pelepasan tukik di Pantai Air Manis dilakukan para pebalap sepeda merupakan program peduli Daihatsu selamatkan penyu untuk Indonesia.

"Daihatsu berkomitmen untuk menyelamatkan penyu yang terancam punah akibat perburuan liar orang tak bertanggung jawab," kata dia. Penyu merupakan hewan yang tingkat keberlangsungan hidupnya cukup kecil.

"Dari 1.000 tukik, paling-paling hanya 1% yang bisa bertahan. Biasanya karena dimangsa hewan lain dan ditangkap manusia," ujar dia.

Vice President for Corporate Community Responsibility Bank Negara Indonesia, Nancy Martasuta menyampaikan bahwa BNI sebagai satu-satunya green bank, berkomitmen untuk terus peduli terhadap keselamatan lingkungan serta pemberdayaan ekonomi rakyat.

"BNI Go Green merupakan wujud kepedulian terhadap lingkungan yang bersih dan sehat," kata dia. BNI berinisiatif melakukan upaya dalam menjaga keberlanjutan bumi termasuk pemberdayaan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kami juga melakukan program Penghijauan dalam Pembangunan Hutan-Hutan Kota. Pembangunan hutan kota kami gulirkan sejak awal 2010," ungkap dia. (mfm)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sapta nirwandar tour de singkarak tukik penyu pantai air manis

Sumber : Antara

Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top