Travel

PARIWISATA: Pesisir Selatan Gelar Lomba Memacing Nasional

News Writer
Kamis, 6 Juni 2013 - 01:22
Bagikan

BISNIS.COM, PAIMANAN- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, akan menggelar lomba memancing tingkat nasional di perairan laut kabupaten itu, pada 28-30 Juni 2013.

Bupati Pesisir Selatan Nasrul Abit mengatakan kegiatan itu dilakukan sebagai upaya pemerintah kabupaten dalam mempromosikan potensi pariwisata yang dimiliki kabupaten itu.

"Kegiatan ini sangat tepat menjadi media promosi wisata, sebab pesertanya datang dari berbagai daerah lain tingkat nasional. Fishing tournamen akan semakin mengangkat potensi pariwisata bahari yang dimiliki kabupaten ini," kata Nasrul Abit, Rabu (5/6/2013).

Di kabupaten itu, lomba mancing sudah dijadikan sebagai agenda tahunan tingkat nasional dengan lokasi di sepanjang perairan pantai barat wilayah kabupaten itu. Peserta lomba berasal dari berbagai daerah lain di Indonesia.

Seperti biasa, lomba dibagi atas empat kelas yakni kelas profesional, tradisional, long tail dan Pesisir pantai. Penilaian berpatok kepada berat ikan pada masing-masing kelas, dengan total hadiah sebanyak Rp150 Juta. Sedangkan hadiah terbesar terdapat pada kategori kelas tradisional yakni sebanyak Rp40 juta.

Menurut dia, kelas tersebut merupakan kategori unggulan pada setiap kali kegiatan itu digelar di kabupaten itu. Peserta lomba pada kategori tersebut kebanyakan berasal dari luar daerah.

Data pihak Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat menyebutkan, kabupaten itu memiliki luas laut sekitar 116.430 hektare. Ekosistem perairan lautnya seperti hutan bakau (mangrove) dan terumbu karang merupakan potensi penunjang wisata sektor bahari.

Potensi lestari ikan pada sektor kelautan yang dimiliki daerah itu rata-rata sekitar 94.864 ton per tahun. Jumlah tersebut baru tergarap sekitar 14 persen, dengan tingkat produksi 13 ribu ton per tahun. Beragam jenis ikan yang terdapat di perairan laut kabupaten itu seperti tuna, kakap, blue marlin dan sebagainya.

Kabupaten itu memiliki sebanyak 57 pulau kecil yang menyimpan potensi wisata. Diantara pulau itu sudah berkembang sebagai destinasi wisata seperti Pulau Cubadak di Kecamatan Koto XI Tarusan.

Pulau-pulau lainnya Pulau Karabak Ketek, Kerabak Gadang dan Pulau Penyu yang terletak di Kecamatan Sutera itu ditetapkan sebagai penangkar penyu. Sedangkan pulau Babi, Pulau Cingkuak dan lainnya juga memiliki keindahan bawah laut dengan terumbu karang yang masih alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Writer
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro