Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Berburu Ayam Bakar & Pecel Lele di Bangkok

BISNIS.COM, BANGKOK—Menemukan rumah makan Indonesia di negeri orang seperti Thailand menimbulkan sensasi kebanggan tersendiri, selain untuk mengobati rasa kangen dengan masakan asli Tanah Air.
Sutarno
Sutarno - Bisnis.com 04 Juni 2013  |  09:04 WIB

BISNIS.COM, BANGKOK—Menemukan rumah makan Indonesia di negeri orang seperti Thailand menimbulkan sensasi kebanggan tersendiri, selain untuk mengobati rasa kangen dengan masakan asli Tanah Air.

Di sela-sela diskusi roundtable di konggres World Association of Newspaper and News Publisher (WAN-IFRA) 2013 di Bangkok Minggu (2/6/2013), salah satu delegasi SEAPA yang bermarkas di Bangkok nyeletuk tentang rumah makan Indonesia di Bangkok.

Kebetulan anggota delegasi SEAPA itu berasal dari Indonesia dan mengaku sudah lebih dari 2,5 tahun tinggal di Bangkok.

Itulah sebabnya ketika dia memberikan alamat rumah makan Rasa Khas Indonesian Restaurant di Jl. Sukhumvit Soi 23, rasa penasaran langsung muncul.

Tanpa berpikir panjang, sehabis acara diskusi tersebut penulis melakukan perburuan kuliner tersebut bersama 4 anggota delegasi Bisnis lainnya.

Kami berlima memburu rumah makan itu dengan menaiiki kereta api Sky Train dan ternyata tempatya hanya berjarak 4 stasion dari lokasi konggres.

Begitu turun di stasion Asoke, perburuan diteruskan dengan  berjalan kaki sekitar 500 meter menuju rumah makan Rasa Khas tersebut.

Sang  chef sekaligus pemilik rumah makan, Munish Mukhi, langsung menyambut ramah. Semula kami menyapa dalam  bahasa Inggris, karena sosok pemuda itu berpenampilan wajah arab.

Rupanya dia orang Indonesia.

Buku menu pun jadi rebutan dan penulis menjatuhkan pilihan ke nasi ayam bakar langsung menjadi menjadi pilihan. Sementara untuk berlima, kami memesan dua pepes ikan kembung untuk disantap bersama.

Paket ayam bakar berisi nasi putih, lalapan salad dan tomat, tahu-tempe goreng tanpa kulit, dan ayam bakar—kebetulan penulis dapat paha.

“Ini ayam kampung Thailand, bukan ayam negeri,” tutur Munish ketika ditanya bahan ayam bakar  bongsor tersebut.

Walaupun ayam kampung, dagingnya lunak tanpa perlawanan ketika digigit dan paket nasi ayam bakar berbanderol  150 baht (sekitar Rp150.000) pun langsung tandas.

Sementara itu  pepes ikan kembung  berlumurkan bumbu kuning yang sangat ‘nendang’ karena dibuat dari rempah-rempah Thailand dan dominan rasa lengkuasnya.

Harga menu di rumah makan Ras Khas relatif bersahabat. Sebut saja nasi  pecel lele yang dibanderol 110 baht dan  nasi ayam goreng kremes 140 baht.

Jika Anda kebetulan berlibur di Bangkok dan kangen dengan masakan Indonesia, cobalah menyambangi Jalan Sukhumvit Soi 23 dan nikmati aneka maskan khas Indonesia di rumah makan itu.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

thailand bangkok ayam bakar pecel lele
Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top