Travel

WISATA MEDIS: Ini Dia Daftar 10 Rumah Sakit Terbaik Dunia

Bambang Supriyanto
Senin, 3 Juni 2013 - 15:17
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA -- Untuk pertama kalinya Asia mendominasi predikat rumah sakit terbaik dunia dalam pariwisata medis. 

Tujuh dari 10 rumah sakit terbaik dunia  berada  di Asia, lima di kawasan Asean dan dua di India. Hasilnya, Benua Asia terus menarik puluhan ribu wisatawan medis dari berbagai daerah dan belahan dunia lainnya.

Ke-10 rumah sakit itu adalah Gleneagles Hospital Singapore, Prince Court Medical Center, Asklepios Klinik Barmbek, Clemenceau Medical Center, Fortis Hospital Bangalore.

Selanjutnya, Wooridul Spine Hospital, Bumrungrad International, Anadolu Medical Center, Bangkok Hospital Medical Center, dan Asia Heart Institute.

Bagi Gleneagles Hospital Singapura predikt itu adalah untuk kesekian kali masuk dalam jajaran 10 rumah sakit terbaik di dunia bagi wisatawan medis

Medical Travel Quality Alliance (MTQUA) menjadi penyelenggara sertifikasi berkelas internasional bagi penyedia jasa pelayanan kesehatan setiap tahun.

"Gleneagles Hospital merupakan salah satu pusat medis terbaik," kata Julie Munro, President of  MTQUA dalam keterangan pers, Senin (3/6).

Gleneagles juga dinilai memberikan perhatian khusus terhadap aspek nonklinis, kunci dari perawatan pasien, sehingga mempengaruhi hasil penyembuhan terbaik dan perjalanan wisata medis yang sukses bagi para wisatawan medis.

MTQUA percaya bahwa wisatawan medis bukan merupakan pasien biasa. Rumah sakit dan dokter harus memberikan penanganan yang unik bagi mereka seperti perbedaan bahasa, budaya, praktik sosial, etika, dan koordinasi pasca perawatan.

"Hampir mustahil bagi wisatawan medis untuk menemukan rumah sakit yang baik menurut diri mereka sendiri," kata Munro.

Dia mengharapkan konsumen dan dokter akan belajar dari daftar rumah sakit terbaik ini atas keberhasilan mereka dalam menangani para wisatawan medis.

Hal utama yang dibutuhkan untuk para pasien ketika akan melakukan pariwisata medis adalah mencari bantuan dari penyedia jasa perjalanan medis bersertifikat, dan lebih mengurangi menghabiskan waktu berkutik dengan booking hotel ataupun jasa antarjemput bandara.

Pemerintah Singapura sangat agresif mengejar inisiatif untuk mempertahankan dominasinya di Asia untuk perawatan kesehatan khusus dan penelitian klinis.

Medical Travel Quality Alliance (MTQUA) adalah sebuah organisasi independen internasional yang didirikan pada tahun 2009, dengan tujuan mempromosikan keselamatan dan kualitas dalam pengobatan dan perawatan bagi wisatawan medis.

Hal ini mendorong pengembangan secara profesional pada industri pariwisata medis di dunia dengan menawarkan sertifikasi pariwisata medis internasional. Mereka juga menerbitkan serangkaian Praktik Terbaik dalam dunia pariwisata medis dan mengoperasikan Registry Patients, semacam rekam medis untuk pasien yang akan bepergian internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro