Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

INDONESIA CREATIVE TOURISM: BPPI Gelar Workshop di Bali

BISNIS.COM, JAKARTA - Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) akan menyelenggarakan Indonesia Creative Tourism Workshop pada Jumat (31/5/2013) di Bali. Acara ini bertujuan untuk memberikan edukasi bagi dunia pariwisata Indonesia agar bisa bersaing
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 30 Mei 2013  |  13:43 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA - Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) akan menyelenggarakan Indonesia Creative Tourism Workshop pada Jumat (31/5/2013) di Bali. Acara ini bertujuan untuk memberikan edukasi bagi dunia pariwisata Indonesia agar bisa bersaing dengan negara lain

Ketua BPPI Wiryanti Sukamdani mengatakan kemajuan teknologi dinilai turut membawa perubahan pada dunia pariwisata. Wisatawan juga mempunyai ekspektasi yang makin tinggi.

Menurutnya, wisatawan tidak hanya ingin menikmati (enjoy) dan mengalami (experience) dan terlibat secara mendalam (engage). Khusus untuk pariwisata berbasiskan budaya (culture) wisatawan juga ingin terlibat dengan kreativitas (creativity) komunitas lokal.

"Kami tak hanya memiliki tanggung jawab mempromosikan potensi pariwisata Indonesia, tetapi menjembatani pemerintah dengan pelaku usaha. ITCEF 2013 adalah salah satu program promosi, selain program-program green tourism dan low season tourism yang promosi dan sosialisasinya selama ini dilakukan melalui seminar dan sales mission,“ ujar Wiryanti dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Kamis (30/5/2013).

Dia menilai jika sudah ada grand design dan road map, para pelaku pariwisata bisa fokus sesuai untuk memajukan pariwisata Indonesia. Harapannya bisa mengejar ketertinggalan dari Malaysia dan Singapura.

Yanti, sapaan akrabnya, menyayangkan kemajuan sektor pariwisata kedua negara tersebut meskipun potensinya tidak sebanyak Indonesia. Tanah Air dikaruniai keindahan dan keragaman alam serta budaya yang menjadi potensi pariwisata.

"Namun, potensi yang tersebar di Nusantara tersebut belum sepenuhnya didukung dan dikelola dengan baik untuk  menjadi andalan pariwisata Indonesia," katanya.

Acara yang digelar di Ballroom Sahid Hotel Sheraton Bali Kuta ini akan dihadiri oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar dan Hermawan Kartajaya selaku Program Director ICTW 2013.

Selain itu tokoh-tokoh dan praktisi Creative Tourism nasional seperti Pincky Sudarman (Alun-alun Indonesia), Fiki Sitara (Bandung Community City Forum), Joseph Theodorus (Joger), Dewandra Djelantik (Fotografer), Marzuki Mohammad (Jogja Hip-Hop Foundation), Taufik Hidayat (Saung Angklung Udjo), dan Hans Hanansang (Bali Safari & Marine Park).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wiryanti sukamdani indonesia creative tourism bppi
Editor : Fajar Sidik
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top