Travel

PARIWISATA: Fremantle Gelar Balap Kapal Layar Internasional ke Bali

Steffi Novita Purba
Minggu, 19 Mei 2013 - 10:06
Bagikan

BISNIS.COM, DENPASAR—Fremantle Sailing Club bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan Wonderful Indonesia Fremantle to Bali International Yacht Race & Rally untuk mempromosikan pariwisata bahari Indonesia.

Noviendi Makalam, Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengatakan kegiatan ini untuk mempromosikan pariwisata bahari dan meningkatkan citra pariwisata Indonesia di mata dunia. 

“Selain itu lebih memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia, juga dapat membantu memperkuat hubungan dengan negara-negara peserta lomba yacht,” katanya, Sabtu (18/5/2013).
 
Menurut Noviendi, perlombaan ini dapat membantu usaha Kemenparekraf untuk menarik lebih banyak kapal-kapal layar (yacht) dan para pelaut internasional untuk datang ke Indonesia. Selain itu, lanjutnya, Indonesia juga memiliki lebih dari 17.500 pulau dan tidak banyak negara yang dapat menawarkan kegiatan seperti ini kepada penggemar yacht.
 
Ia menjelaskan Fremantle Sailing Club (FSC) Australia sempat vakum selama 14 tahun, untuk itu Kemenparekraf menyelenggarakan kegiatan yang diberi nama Wonderful Indonesia Fremantle to Bali. Berdasarkan kesepakatan, lanjutnya, yacht race ini diselenggarakan selama 5 kali berturut-turut  terhitung mulai tahun 2011 dan pelaksanaannya dilakukan setiap dua tahun sekali. 
 
“Tahun 2013 ini diikuti oleh 33 kapal yacht, diharapkan pada tahun –tahun mendatang minat peserta akan lebih meningkat karena bisa mendatangkan wisatawan lebih dari 500 orang sekali pelaksanaan,” paparnya. 
 
Berdasarkan data Kemenparekraf dan FSC ke 33 kapal yacht tersebut peserta tiba di finish line Bali Marina International, Benoa, Bali, pada tanggal 10 Mei hingga 18 Mei 2013.
Selanjutnya, sebagian dari para peserta ada yang langsung kembali ke Australia dan sebagian lagi melanjutkan pelayaran dengan menyinggahi beberapa destinasi pariwisata Indonesia khususnya di wilayah Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor :
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro