Travel

Benteng Vredeburg & Taman Budaya Yogya Jadi Kawasan 3 in 1

Bambang Supriyanto
Senin, 13 Mei 2013 - 17:25
Bagikan

BISNIS.COM, YOGYAKARTA -- Pemerintah Kota Yogyakarta berencana memadukan tiga tempat tujuan wisata menjadi kawasan wisata 3 in 1, sehingga memudahkan wisatawan berkunjung ke tiga lokasi wisata sekaligus.

Ketiga lokasi wisata yang akan dipadukan itu adalah Taman Pintar, Benteng Vredeburg, dan Taman Budaya Yogyakarta. Ketiganya berada di kawasan yang sama.

"Nantinya, pembatas untuk ketiga kawasan wisata itu akan dibuka, sehingga wisatawan dapat mengakses tiga tempat wisata tersebut dengan lebih mudah," kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Senin (13/5).

Upaya merealisasikan kawasan wisata 3 in 1 tersebut segera dilakukan, meskipun saat ini ada kendala terkait dengan tiket masuk wisatan ke tiga lokasi wisata itu.

"Namun, kendala tersebut akan diatasi dengan melakukan komunikasi dengan ketiga pengelola tempat wisata itu. Diharapkan, akan ada optimaliasi kunjungan wisatawan ke lokasi-lokasi wisata itu," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Yunianto Dwi Sutono mengatakan, rencana untuk memadukan tiga kawasan wisata tersebut sudah pernah dikoordinasikan.

"Dalam rapat disebutkan bahwa rencana tersebut akan dilakukan pada 2014. Taman Pintar sangat siap dan mendukung realisasi rencana tersebut," ucapnya.

Langkah awal yang akan dilakukan untuk mewujudkan rencana tersebut di antaranya adalah memindah parkir kendaraan karyawan Taman Pintar ke selatan, sehingga pengunjung dari Taman Budaya Yogyakarta dan Benteng Vredeburg bisa langsung ke Taman Pintar, begitu pula sebaliknya.

Selain itu, infrastruktur yang akan disiapkan adalah pembangunan plaza di Tama Budaya Yogyakarta untuk mengakomodasi wisatawan.

Saat ini, Taman Pintar memperoleh bantuan bus listrik yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang akses wisatawan termasuk optimalisasi kawasan wisata "3 in 1" apabila sudah direalisasikan.

"Kami akan upayakan agar halte bus listrik itu berada di lokasi yang strategis sehingga bisa diakses oleh wisatawan dari Benteng Vredeburg maupun dari Taman Budaya Yogyakarta," katanya. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro