Travel

SURVEI PERJALANAN: Wisatawan Lokal Makin Cinta Tujuan Wisata Indonesia

Bambang Supriyanto
Sabtu, 11 Mei 2013 - 08:49
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA – Ini kabar menggembirakan, ternyata wisatawan Indonesia banyak juga yang memilih mengunjungi kota dan tujuan wisata dalam negeri pada tahun ini.

Kendati, masih lebih banyak yang memilih melakukan perjalanan ke luar negeri, paling angka 50% dari 1.000 responden yang disurvei oleh Skyscanner, situs pencarian perjalanan global.

Mayoritas responden (77%) menyampaikan bahwa merekaingin mengunjungi negara baru tahun ini.

Kecintaan orang Indonesia akan makanan juga nampak dalam survei ini dan menduduki peringkat nomor 1 untuk pertanyaan hal-hal baru apa yang ingin mereka jajal.

"Sebanyak 47% responden mengaku ingin mencicipi makanan-makanan khas daerah," demikian hasil survei Skyscanner yang dirilis, Jumat (10/5).

Survei juga menemukan bahwa wisatawan perempuan ternyata lebih memiliki jiwa petualangan dan lebih bersedia untuk mencoba gaya perjalanan yang menantang. Aktivitas bungee jumping atau hiking dan 36% responden wanita mengaku hal tersebut merupakan tujuan perjalanan mereka di tahun 2013.

Beberapa target wisata lainnya pada 2013 bagi wisatawan asal Indonesia antara lain mempelajari bahasa baru atau keterampilan lokal selama liburan (26%), memperkenalkan tempat wisata favorit ke keluarga dan teman-teman (22%) dan bekerja atau menjadi sukarelawan di luar negeri sambil berlibur (11%).

Dari survei yang sama, Skyscanner juga menemukan bahwa 17% responden tidak pernah melakukan perjalanan ke luar negeri, sedangkan 61% dari mereka pernah mengunjungi antara satu sampai lima negara yang berbeda.

Laporan Tren Perjalanan Skyscanner Tahun 2013, yang dirilis akhir tahun lalu mengungkap banyak orang Indonesia yang memilih wisata dalam negeri ketimbang perjalanan dengan tujuan internasional. Survei lain yang dilakukan baru-baru ini juga  menanyakan mengapa tujuan wisata domestik sangat populer.

Hasilnya, sebanyak 40% responden mengaku mereka bisa belajar lebih banyak tentang negeri mereka sendiri, 17% responden memilih wisata lokal karena lebih terjangkau dan 10% lainnya memilih tujuan dalam negeri karena tidak mau direpotkan dengan urusan visa perjalanan.

Skyscanner juga mencatat berbagai alasan lainnya antara lain menghindari gegar budaya atau culture shock (6%), tidak ada hambatan bahasa (6%), membantu ekonomi setempat (6%), meyakini bahwa Indonesia adalah pilihan tempat wisata terbaik di dunia (6%) dan memiliki makanan paling enak di dunia (6%). Masing-masing mendapatkan jumlah skor yang sama diantara para responden.

Survei yang sama juga mengungkapkan 43% responden melakukan perjalanan untuk berwisata sementara 20% dari mereka melakukan perjalanan dengan tujuan pekerjaan dan 36% dari mereka berwisata untuk kedua alasan tersebut. Menurut polling, lebih banyak laki-laki Indonesia yang melakukan perjalanan karena pekerjaan (25%) dibandingkan dengan wanita (12%).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro