Travel

Festival Teluk Jailolo Disuguhi Parade Gerobak Sapi

R Fitriana
Rabu, 8 Mei 2013 - 11:04
Bagikan

BISNIS.COM, TERNATE—Festival Teluk Jailolo akan digelar Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara pada 18-21 Mei 2013 dengan menampilkan berbagai atraksi.

Dalam festival itu, Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Pemkab Halbar) di antaranya akan menampilkan Parade Gerobak Sapi yang masuk dalam agenda wisata tahunan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Setiap gerobak sapi yang akan ambil bagian di festival dihias, sehingga dapat menjadi tontonan menarik para pengunjung,” kata Kepala Kantor Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Halmahera Barat Fenny Kiat seperti dikutip Antara, Rabu (8/6/2013).

Penampilan Parade Gerobak Sapi adalah untuk memperkenalkan bahwa daerah tersebut merupakan sentra pengembangan sapi di Maluku Utara.

Selain itu, lanjutnya, parade tersebut untuk menghidupkan kembali gerobak sapi sebagai sarana transportasi di pedesaan yang murah, khususnya dalam mengangkut hasil pertanian.

Parade gerobak yang akan melibatkan para petani berasal dari berbagai kecamatan di Halmahera Barat dengan kostum bermotifkan produk pertanian setempat.

Parade akan menyusuri jalan utama di Kota Jalilolo dengan berakhir di Pelabuhan Jailolo, yang menjadi pusat kegiatan festival.

“Ritual adat Sahu, tarian dan kesenian tradisional Halmahera Barat, serta penampilan opera tradisional di panggung di atas permukaan laut akan menambah kemeriahan festival yang digelar sejak 2009,” tutur Fenny.

Bahkan, dia menambakan Panitia Festival Teluk Jailolo menyediakan transportasi untuk para pengunjung dan transportasi dari Ternate ke Jailolo, berupa ‘armada semut’ (speed boad), baik milik pengusaha maupun pemda setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : R Fitriana
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro