Travel

GREEN CANYON Sepi Pengunjung Karena Jalan Rusak Parah

Endot Briliantono
Senin, 8 April 2013 - 03:43
Bagikan

BISNIS.COM, PANGANDARAN - Kawasan wisata Green Canyon dan Pantai Batu Karas Pangandaran sepi pengunjung di akhir pekan. Hal itu terjadi akibat rusaknya akses jalan yang parah menuju tempat wisata tersebut.

Iwan, seorang pengelola permainan olahraga air di Pantai Batu Karas mengatakan sepinya wisatawan yang mengunjungi Green Canyon dan Pantai Batu Karas akibat kerusakan akses jalan sejak beberapa bulan terakhir.

"Jalannya rusak parah jadinya pengunjung juga malas untuk berwisata ke Green Canyon dan Batu Karas. Biasanya ramai, sekarang sepi setiap libur Sabtu Minggu," ujarnya kepada Bisnis, Minggu (7/4/2013).

Jalan Raya Cijulang yang menghubungkan dua lokasi wisata favorit Pantai Pangandaran-Green Canyon, rusak parah. Jalan tersebut dalam kondisi hancur hingga sepanjang kurang lebih 36 kilometer. Kerusakan mulai dari aspal berlubang-lubang hingga menjadi kubangan besar.

Dia menjelaskan kerusakan akses jalan itu akibat muatan truk pasir besi di luar batas maksimum. Warga sudah melaporkan kerusakan tersebut kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis dan Pemda Jawa Barat. Namun, hingga saat ini belum ada tindak lanjutnya.

Pada Senin (1/4/2013) lalu, warga Kecamatan Cijulang, Jawa Barat memblokade jalan rusak di jalur selatan Jawa Barat tersebut. Mereka melarang truk pengangkut pasir besi melintas dengan alasan truk-truk tersebut menjadi penyebab rusaknya jalan.

Warga menuntut Pemerintah Kabupaten Ciamis dan pengusaha tambang pasir besi bertanggung jawab atas kerusakan itu. Mereka mendesak perbaikan pada jalan yang rusak berat. Bahkan, mereka memprotes dengan memperbaiki jalan secara swadaya.

"Saya nggak paham, kenapa jalannya tidak diperbaiki. Padahal di sini banyak tempat wisata yang menjadi favorit wisatawan," ungkapnya.

Dia menambahkan, kerusakan jalan bahkan perbah membuat angkutan umum menuju Cijulang berhenti beroperasi. Hal itu mengakibatkan merosotnya pendapatan masyarakat dari sektor pariwisata karena jumlah wisatawan juga menurun.

Bisnis mencoba menyusuri akses tunggal menuju ke Green Canyon itu. Jalanan rusak parah sejak di Kecamatan Pangandaran hingga Kecamatan Cijulang. Biasanya jalur Pangandaran ke Green Canyon hanya membutuhkan waktu 30 menit, kali ini memakan waktu 1,5 jam.

Di sepanjang jalan terpampang tulisan-tulisan bernada protes dari warga kepada perusahaan penambang pasir besi dan Pemda Jawa Barat. Mereka menuntut keduanya untuk bertanggungjawab memperbaiki akses jalan sebagai 'urat nadi' masyarakat.

Jika hujan turun, jalan ini berubah menjadi kubangan lumpur. Sedangkan jika kondisi jalan kering akan sangat berdebu.

Di sepanjang jalur yang melewati tiga kecamatan yaitu Pangandaran, Parigi dan Cijulang ini terdapat Bandar Udara Nusawiru dan beberapa lokasi wisata favorit. Selain Green Canyon, terdapat tempat wisata Pantai Karang Tirta, Pantai Batu Hiu dan Pantai Batu Karas.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Others
Sumber : Sukirno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro