Travel

PULAU UNTUNG: Nikmatnya Berakhir Pekan di Kepulauan Seribu

Yoseph Pencawan
Sabtu, 30 Maret 2013 - 11:36
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA--Libur panjang akhir pekan banyak dimanfaatkan oleh keluarga di Ibukota untuk berlibur. Salah satu tujuan wisata pantai yang tak jauh dari Jakarta adalah Kepulauan Seribu.

Pulau Seribu merupakan suatu wilayah kepulauan yang berada di wilayah DKI jakarta yang terdiri dari 110 pulau yang berpenghuni dan pulau yang tidak berpenghuni.

Beberapa pulau dimanfaatkan untuk pulau resort, diantaranya yang berpenghuni seperti Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Pangang, Pulau Harapan , Pulau Untung Jawa, Pulau Kelapa dan Pulau Sabira.

Pulau lainnya juga tersedia resort-resort seperti di Pulau Bidadari, Pulau Putri, Pulau Bidadari, Pulau harapan dan masih bayak pulau-pulau lainnya.

Beberapa pulau di Kepulauan Seribu cukup indah untuk dinikmati pantainya. Selain bisa mengajak anak-anak untuk berenang di pantai, bisa juga melihat ikan-ikan dengan cara snorkling maupun bermain banana boat.

Pulau Untung Jawa, misalnya. Untuk ke pulau ini rute yang ditempuh dari Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang, Banten. Tersedia tempat penitipan mobil dan motor di dermaga Tanjung Pasir.

Perahu penyebrangan untuk ke Pulau Untung Jawa tersedia secara rutin sejak pukul 06.00 sampai pukul 19.00 dengan tarif Rp20.000 pulang-pergi.

Bisa juga menyewa perahu untuk menyeberang yang tersedia 24 jam penuh. Tentunya dengan tarif khusus yang berbeda dengan tarif reguler.

Hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menyeberang dengan perahu kayu bermesin dengan kapasitas sekitar 30 orang. Sebagai catatan, harus diingat perahu pengantar tersebut karena nantinya akan menjemput kembali ke Tanjung Pasir.

Setiba di Pulau Untung Jawa, langsung disambut oleh hamparan pasir putih di bibir pantai di dekat dermaga. Pulau ini sudah cukup ramai oleh penghuni yang rata-rata berprofesi sebagai nelayan dan jasa pariwisata.

Ada beberapa pantai yang bisa dinikmati di Pulau Untung Jawa. Sebut saja pantai mangrove, pantai amiterdam, pantai pasir putih, pantai ARSA. Di pulau ini juga terdapat bumi perkemahan dan hutan mangrove yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan.

Tidak perlu khawatir, di pulau ini telah tersedia penginapan dengan tarif rata-rata Rp300.000 per malam dengan fasilitas AC dan televisi sekaligus kamar mandi.

Warung-warung makan juga tersedia di sepanjang pinggir pantai pasir putih dengan harga yang terjangkau.

Selain menikmati ombak yang tenang dan air laut yang jernih berwarna hijau toska, wisatawan juga bisa menikmati olahraga bersepeda dengan biaya sewa sekitar Rp30.000. Wisatawan juga bisa menikmati permainan banana boat dengan tarif Rp30.000.

Sementara bagi wisatawan yang suka untuk melihat pemandangan bawah laut, bisa mencoba paket yang ditawarkan oleh jasa pariwisata dari penduduk setempat.

Paket snorkling di sekitar Pulau Rambut dengan tarif Rp50.000 dengan fasilitas perahu, alat snorkling dan pemandu khusus.

Setelah puas menikmati pemandangan bawah laut dan pantai pasir putih, sebelum pulang wisatawan bisa membeli cinderamata di kios-kios yang tersedia di sekitar pantai.

Wisatawan bisa menginap atau hanya butuh sehari saja di pulau ini. Anda tertarik? (28/yop) Foto: Ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yoseph Pencawan
Editor : Others
Sumber : Sukirno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro