Travel

FESTIVAL TELUK CAPALULU: 10 Pemda di Maluku Genjot Promosi Adat Lokal

Yoseph Pencawan
Sabtu, 30 Maret 2013 - 09:42
Bagikan

BISNIS.COM, TERNATE--Sebanyak 10 pemerintah daerah di Maluku Utara menggenjot promosi pariwisata melalui penyelenggaraan Festival Teluk Capalulu.

Pemerintah daerah (pemda) kabupaten/kota di Maluku Utara (Malut) pada 2013 ini akan meningkatkan promosi pariwisata lokal sebagai upaya untuk mengembangkan potensi di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kepsul, Syafrudin Saere mengatakan Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) akan menggelar Festival Teluk Capalulu (FTC) dan berbagai kegiatan budaya lokal lainnya dalam upaya pengembangan pariwisata daerah.

Menurut dia, berbagai kegiatan akan diselenggarakan selama promosi, antara lain lomba cipta lagu daerah, tarian daerah dan kerajinan khas daerah dengan tujuan agar budaya di Kabupaten Kepsul tidak akan punah dimakan zaman.

"Untuk menjaga kelestarian budaya tersebut, kita gelar festival budaya asli daerah ini. Pada tahun 2013 ini Dinas Pariwisata akan menggelar Festival Teluk Capalulu (FTC) yang merupakan ikon utama Pemkab Kepsul," ujarnya, Sabtu (30/3/2013).

Ajang FTC ini akan dijadikan sebagai agenda tahunan dalam rangka mempromosikan budaya daerah, terutama agar tidak dilupakan oleh generasi muda di daerah ini.

Syafruddin mengatakan, Dinas Pariwisata Kabupaten Kepsul telah menyampaikan rencana perhelatan FTC kepada Dirjen Parawisata Pusat yang akhirnya agenda program yang direncanakan itu.

Festival tersebut diharapkan juga dapat mendorong produksi kerajinan daerah yang dapat ditawarkan sebagai suvenir kepada wisatawan, sehingga akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Kadis Parawisata mengajak masyarakat agar dapat membentuk suatu kelompok usaha yang bersifat ekonomis.(yop) Foto: Ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yoseph Pencawan
Editor : Others
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro