Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SEMARANG GREAT SALES : Pemkot Targetkan Kenaikan Kunjungan Wisata 30%

BISNIS.COM, SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang menargetkan kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara tahun ini mengalami peningkatan hingga 30% dibandingkan 2012 melalui gelaran pesta diskon selama sebulan dalam kemasan Semarang Great
Endot Briliantono
Endot Briliantono - Bisnis.com 13 Maret 2013  |  17:22 WIB
SEMARANG GREAT SALES : Pemkot Targetkan Kenaikan Kunjungan Wisata 30%

BISNIS.COM, SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang menargetkan kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara tahun ini mengalami peningkatan hingga 30% dibandingkan 2012 melalui gelaran pesta diskon selama sebulan dalam kemasan Semarang Great Sales (Semargres) 2013.
 
Kabid Pembina Industri Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Giarsito Sapto Putratmo mengatakan dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan serta memeriahkan hari ulang Tahun (HUT) Kota Semarang ke-466, pemerintah kota akan menggelar Semargres pada 7 April-7 Mei mendatang.
 
“Melalui Semargres ini diharapakan mampu mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Semarang tahun ini minimal meningkat 30% dibandingkan 2012 yang mencapai sebanyak 2,8 juta wisatawan domestik maupun mancanegara,” tuturnya kepada Bisnis, Rabu (13/3/2013).
 
Dia mengatakan gelaran sebulan pesta diskon yang akan diikuti kurang lebih 500 peserta, baik dari pusat perbelanjaan, pelaku usaha kecil menengah, pengusaha ritel, agen perjalanan wisata, maskapai penerbangan, perhotelan, restoran, serta pedagang kaki lima tersebut optimistis akan mampu menjadi magnet tersendiri untuk mendatangkan wisatawan berkunjung ke Kota Semarang.
 
“Diskon yang diberikan selama sebulan penuh itu, bervariasi antara 10% hingga 70%, tergantung perusahaan masing-masing serta kemasan yang berbeda, seperti misalnya, buy one get one free, diskon pakaian hingga 50%, pemberian cinderamata, dan lainnya,” ujarnya.
 
Menurutnya dengan menghadirkan event rutin tahunan yang memberikan diskon besar-besaran selama sebulan penuh itu dipastikan kunjungan wsiatawan bakal meningkat, seperti tahun sebelumnya, karena selain menonjolkan potensi objek wisata untuk dijual kepada wisatawan, juga perlu mengangkat wisata kuliner, wisata belanja, dan lainnya.
 
“Dengan makin banyaknya wisatawan yang hadir dan membelanjakan danaya di Kota Semarang, diharapkan mampu mendongkrak omzet pengusaha dari kelas atas hingga kelas bawah, seiring pertumbuhan perekonomian yang semakin baik,” tuturnya.
 
Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Kota Semarang, Ayu Entis mengatakan gelaran Semargres 2013 diharapkan selain meningkatkan sinergi antara pengusaha dengan pemerintah, juga mampu mendongkrak perekonomian masyarakat Kota Semarang karena mulai dari pusat perbelanjaan hingga para Pedagang Kaki Lima (PKL) juga berperan menjadi peserta Semargres 2013.
 
“Perusahaan peserta Semargres 2013, diharapkan dapat segera mengkonfirmasi diri kepada Pemkot Semarang untuk didaftar, sehingga akan mendpatkan sejumlah insentif dari pemerintah kota, mulai dari promosi, pemberitaan, dan lain sebagaianya,” tuturnya.
 
Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Jateng, Budi Handoyo Suseno mengaku menyambut antusias dan siap mendukung suksesnya gelaran tersebut.
 
“Selain pengusaha akan memberikan diskon bagi pembeli, juga akan disediakan kupon undian dengan hadiah utama sebuah mobil, sepeda motor, perangkat elektronik, dan lainnya,” tuturnya.
 
Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Jateng, Joko Suratno mengatakan Semargres akan dipromosikan melalui jejaring para agen wisata, baik domestik maupun mancanegara, seperti Singapura dan Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisatawan wisata asita semarang gerat sales

Sumber : Puput Ady Sukarno

Editor : Others

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top