Travel

Macau Gaet 930.000 Wisatawan Sepanjang Libur Imlek

News Writer
Kamis, 21 Februari 2013 - 08:26
Bagikan

/>JAKARTA-Macau menerima kunjungan lebih dari 930.000 wisatawan selama perayaan tahun baru Imlek (Spring Festival Golden Week) dengan kenaikan 15% dibandingkan tahun lalu.

Ningsih Chandra, perwakilan Macau Government Tourist Office (MGTO) mengemukakan selama periode festival yang berlangsung dari 9-15 Febuari 2013 lalu jumlah wisatawan yang berkunjung termasuk pekerja asing dan mahasiswa tepatnya mencapai 936.974 orang, naik 15,4% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Jumlah  wisatawan yang masuk itu diantaranya sebanyak 630.000 dari dataran China.

Ningsih menjelaskan berdasarkan data yang diterimanya dari MTGO mengungkapkan tingkat hunian hotel bintang tiga hingga bintang lima mencapai 89% atau meningkat 1,2% dari tahun lalu. Jumlah total kamar yang disediakan oleh semua hotel dan homestay di Macau melonjak hingga 28.643 kamar atau  pertumbuhan 24% setara dengan penambahan 5.562 kamar.

Untuk hunian hotel bintang tiga dan empat masing-masing mencapai rata-rata 89% dan 87,1% atau meningkat 2,9% dan 0,7%. Sedangkan hotel bintang lima tingkat huniannya rata-rata 90,9%, sedikit menurun dari 0,02 % dibandingkan tahun 2012.Jumlah kamar untuk hotel bintang lima ini bertambah sebanyak 4.522 kamar.

“Kalau dari sisi tarif kamar hotel bintang empat dan lima, ada sedikit penurunan 3,7% dan 3,3% karena persaingan yang cukup ketat seiring dibukanya dua hotel baru dengan jumlah kamar yang besar,” ungkapnya.

Sebelumnya, paparnya , MGTO terus bersinergi dengan industri dan asosisasi wisata terkait untuk mempromosikan Spring Festival Golden Week menandai tahun ular dengan beragam acara parade yang menarik sehingga pengunjung dapat memperoleh informasi hotel, restoran dan rencana perjalanan mereka di Macau dengan baik.

MGTO juga melakukan 53 inspeksi di pelabuhan perbatasan dan tempat-tempat wisata utama sepanjang festival berlangsung serta menyegel empat tempat akomodasi yang dioperasikan secara illegal.

Selain itu, counter informasi pariwisata dan layanan  hotline dioperasikan 24 jam untuk menjawab pertanyaan wisatawan. Selama liburan Imlek itu MTGO menerima 17 pengaduan mulai dari layanan akomodasi, konsumsi dan transportasi untuk ditindaklanjuti kepada instansi terkait .(foto: wsj.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Writer
Editor : Others
Sumber : Hilda Sabri Sulistyo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro