Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LONG WEEKEND: Kunjungan Wisnus Naik 20%

News Editor
News Editor - Bisnis.com 25 Januari 2013  |  18:13 WIB
JAKARTA—Jumlah kunjungan wisatawan nusantara atau wisnus pada libur panjang akhir pekan ini di beberapa destinasi utama dinilai meningkat lebih dari 20% dibandingkan dengan tahun lalu.
 
Ketua Association of Indonesia Tour & Travel Agencies (Asita) Asnawi Bahar mengatakan Bali, Bandung, Yogyakarta, Medan, Makasar, dan Mataram mengalami peningkatan kunjungan wisnus yang signifikan.
 
“Saat ini saya melihat wisata mulai mengarah pada kebutuhan primer. Rata-rata masyarakat kita berwisata minimal dua kali setahun. Bahkan, saat ini tidak mungkin orang tidak pergi ke destinasi wisata dalam setahun,” kata Asnawi saat dihubungi Bisnis, Jumat (25/1). 
 
Dia menambahkan pergeseran prioritas kebutuhan wisata menjadi primer ini dipengaruhi oleh peningkatan pendapatan masyarakat kelas menengah. Hampir seluruh destinasi memang terjadi peningkatan, tetapi hanya destinasi utama saja yang signifikan.
 
Khusus untuk Jakarta, menurutnya, jumlah kunjungan memang tidak ada peningkatan yang berarti. Hal ini terkait dengan tingginya curah hujan yang masih melanda ibukota dengan adanya potensi banjir di beberapa lokasi.
 
Mayoritas destinasi yang dikunjungi, lanjutnya, merupakan daerah di luar provinsi, tetapi masih dalam satu pulau. Dia mencontohkan masyarakat Jawa Tengah pergi ke destinasi di Daerah Istimewa Yogyakarta atau Jawa Timur serta dari Riau ke Sumatera Barat. (faa)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Rio Sandy Pradana

Editor : Fahmi Achmad

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top