Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BALI TOURISM: Pemkab Badung Batasi Pembangunan Hotel

News Editor
News Editor - Bisnis.com 15 Januari 2013  |  20:03 WIB
DENPASAR--Pemkab Badung mulai membatasi izin dan menata pembangunan akomodasi di kawasan Bali selatan sehingga ada kenyamanan baik hunian, destinasi, dan mobilitas. 
 
 
Cokorda Raka Darmawan, Kepala Dinas Pariwisata Badung, mengatakan sudah mulai mengerem permohonan atas izin pembangunan akomodasi di kawasan Badung. 
 
 
"Pembangunan jumlah akomodasi di kawasan ini sudah mulai banyak semua jenis hotel ada maka perlu adanya pengendalian dan penataan sehingga kawasan ini menjadi lebih nyaman untuk dihuni," paparnya, Selasa (15/1/2013).
 
 
Dinas Pariwisata Badung mencatat ada sekitar 44.472 kamar dengan rincian 16.360 hotel berbintang, 22.864 hotel melati, 3.013 pondok wisata dan 2.235 kondotel. 
 
 
Raka Darmawan mengalkulasi jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada 2012 yang langsung 2,8 juta ditambah wisatawan domestik dan wisman yang tidak langsung sekitar 5,4 juta atau total 8,6 juta orang, tidak semua wisatawan yang menginap di Badung. 
 
 
"Hanya sekitar 65%  wisatawan yang menginap di Badung sisanya mereka memilih ke kabupaten lain dengan rata-rata tinggal tiga hari," paparnya
 
 
Dia berharap dengan adanya pembatasan tersebut jumlah wisman bisa meningkat dan tidak kalah dengan negara lain untuk itu perlu adanya perbaikan fasilitas dan pembenahan infrastruktur seperti bandara, tol, underpass, dan penambahan rute penerbangan. 
 
"Jika sudah jalan semuanya, maka 2014 kunjungan wisman bisa melonjak dan jika prasarana dan sarana tidak ada, kualitas destinasi pasti hilang untuk itu perlu promosi yang gencar," ujarnya.(ems)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Steffi Novita Purba

Editor : Ema Sukarelawanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top