KULINER NUSANTARA: Pemerintah Rangkul 4 Akademi Pariwisata

JAKARTA—Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggandeng empat akademi pariwisata untuk mematangkan ikon kuliner nusantara.

JAKARTA—Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggandeng empat akademi pariwisata untuk mematangkan ikon kuliner nusantara.

Achyaruddin, Direktur Pengembangan Wisata Minat Khusus, Konvensi, Insentif, dan Even Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengatakan empat akademi pariwisata itu berada di Bandung, Medan, Makassar, dan Bali.

"Akademi itu akan menguji dan membantu perumusan dalam membuat resep makanan. Harapannya, pada 2014 kuliner nusantara sudah siap dalam segala hal nya," ujarnya kepada Bisnis, hari Kamis (27/12/2012).

Pemerintah telah menetapkan 30 ikon kuliner nusantara sebagai ciri khas, antara lain gado-gado Jakarta, rawon Surabaya, serabi Bandung, rendang Padang, dan lumpia Semarang.

Dia mengatakan ikon kuliner itu nantinya akan dibakukan agar menjadi ciri khas negara hingga tingkat internasional.

"Kami mengusulkan agar jenis kuliner tersebut bisa menjadi menu pada acara kenegaraan, termasuk di kedutaan di luar negeri," ujarnya.

Menurutnya, cerita di balik proses pembuatan dan sejarah makanan akan memperkuat daya saing kuliner Indonesia dibandingkan dengan menu luar negeri.

"Sekarang baru sampai tahap membakukan resep. Misalnya, kami memanggil pembuat rendang langsung dari Padang agar resep makanan itu menjadi baku," paparnya. (sut)

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup