Travel

LIBUR NATAL: Meski tarif tinggi, paket wisata tetap laris

Muhamad Sufyan
Kamis, 20 Desember 2012 - 17:17
Bagikan

JAKARTA: Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) memprediksikan penjualan paket berlibur selama Natal dan tahun baru bisa menembus angka Rp500 miliar. 

Asnawi Bahar, Ketua Asita, mengatakan maskapai penerbangan dan industri pariwisata sudah mematok tarif tinggi untuk periode libur saat peak season. 

"Diperkirakan sampai Rp500 miliar untuk total penjualan paket, baik perjalanan ke luar negeri ataupun kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia," katanya kepada Bisnis, Kamis (20/12). 

Asita dan sejumlah biro perjalanan wisata memrediksikan penjualan paket wisata periode Natal dan tahun baru kali ini naik sekitar 10%--20% dibandingkan dengan tahun lalu.

Asosiasi itu memerkirakan ada 1 juta wisatawan yang berlibur pada momentum Natal dan akhir tahun. 

Tren penjualan paket inbound atau kunjungan turis ke Indonesia dan outbound atau perjalanan wisatawan ke luar negeri kemungkinan masih didominasi pasar tradisional. 

Untuk inbound, misalnya masih mengandalkan destinasi antara lain Bali, Jakarta, dan sejumlah objek di Pulau Jawa. Sedangkan outbound, tujuan favorit seperti Malaysia, China, dan Thailand masih cukup besar. 

"Turis asal Malaysia, Singapura, dan Australia cukup dominan membeli paket berlibur di Indonesia," ujarnya. (arh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro