Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BALI TOURISM: PHRI Prediksi Wisatawan Mancanegara Naik 20%

DENPASAR-PHRI Bali memprediksi kunjungan wisatawan mancanegara pada 2013 meningkat 15%-20% seiring dengan banyaknya event internasional yang diselenggarakan di Pulau Dewata.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 18 Desember 2012  |  20:28 WIB

DENPASAR-PHRI Bali memprediksi kunjungan wisatawan mancanegara pada 2013 meningkat 15%-20% seiring dengan banyaknya event internasional yang diselenggarakan di Pulau Dewata.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PHRI Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atau akrab disapa Cok Ace, mengatakan kegiatan besar internasional seperti APEC (Asia-Pacific Economy Cooperation), Miss World, Bali Democracy Forum (BDF) akan mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan yang datang.

"Selain wisman peningkatan kunjungan juga ditopang dari kunjungan wisatawan domestik yang rata-rata stabil," katanya, Selasa (18/12/2012).

Menurut Cok Ace tahun ini, dari target kunjungan wisman dari Dinas Pariwisata provinsi Bali sebesar 2,7 juta wisman yang diperkirakan akan terlampaui di angka 3 juta. Untuk tahun depan, kami prediksi akan naik sekitar 15%-20%.

Cok Ace yang juga Bupati Gianyar itu menuturkan fenomena yang terjadi adalah peningkatan kunjungan tidak diiringi tingkat okupansinya dan kunjungan yang tidak terpengaruh musim lburan. Ia mengamati saat ini kencenderungan para wisman yang datang ke Bali mengalami penurunan tingkat okupansi dari 80% hingga 90%, kini hanya mencapai sekitar 60%.

Kata dia, ulunya para wisman yang menginap di hotel sekitar dua minggu atau memperpanjang sebulan, kini rata-rata menginap wisman mencapai rata-rata berkisar dua hingga sampai tiga hari atau maksimal seminggu.

Ia juga berhar4ap dengan pembangunan sarana infrastruktur yang baru seperti jalan underpass di Simpang Siur, Kuta dan Jalan Tol Benoa-Airport Ngurah Rai-Tanjung Benoa terealisasi tahun depan dan beberapa fasilitas pendukung lainnya diharapkan dapat memberikan kenyamanan pada para wisman.

Sementara itu, terkait dengan keamanan PHRI Bali juga merencanakan akan melakukan penandatanganan kesepakatan bersama untuk bekerja sama dengan instansi perhotelan dalam menciptakan situasi Bali yang kondusif, terutama menjelang diadakannya even internasional.

Secara spesifik, Cok Ace menginginkan adanya sistem keamanan yang terpadu seperti pemasangan CCTV di hotel-hotel. Dalam pemasangan tersebut, juga disertai pelayanan pendukung dari Polda Bali yang terintegrasi dalam satu paket.

“Secara detil akan kami bicarakan lebih lanjut, ini penting untuk disosialisasikan segera kepada stakeholder perhotelan karena keamanan merupakan salah satu bentuk investasi,” ujarnya.(ems)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Steffi Novita Purba

Editor : Muhammad Khamdi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top