PARIWISATA DAERAH: Penyelenggaraan even tertentu, salah satu kuncinya

JAKARTA: Hingga Oktober 2012, pergerakan wisatawan ke daerah bergantung kepada kepiawaian dan komitmen kepala daerah menyelenggarakan core event wisata di daerahnya masing-masing.

JAKARTA: Hingga Oktober 2012, pergerakan wisatawan ke daerah bergantung kepada kepiawaian dan komitmen kepala daerah menyelenggarakan core event wisata di daerahnya masing-masing.

 
Sapta Nirwandar, Wakil Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengatakan banyaknya kepala daerah yang konsisten menyelenggarakan festival wisata di daerahnya akhirnya mendongkrak kunjungan wisman maupun wisnus.
 
Data BPS menunjukkan jumlah wisnus selama semester I/2012 mencapai 105,9 juta orang naik 0,1% dari tahun lalu  105,8 juta sementara wisman secara kumulatif Januari-Oktober sudah 6,5 juta orang.
 
"Hal yang menggembirakan tahun ini adalah semakin banyak even di daerah yang ikut mendongkrak sektor industri kreatif. Dari Timur ke Barat diramaikan berbagai festival," kata Sapta, Selasa (4/12/2012).
 
Sebagai contoh, pariwisata di Papua dan Fak-fak menggeliat dengan kegiatan wisata minat khusus selama di Raja Empat. Papua Barat sudah dua kali menyelenggarakan Pekan Promosi Pariwisata Budaya Fakfak (Festival Fakfak) pada 11-16 November lalu.
 
Terhadap keseriusan para kepala daerah mengembangkan wisata maka Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (KemenParekraf) berencana memasukkan ke dalam kalender kegiatan pariwisata nasional.
 
Bukan hanya di Indonesia Timur, di Ujung barat yaitu Aceh juga sudah mencanangkan Visit Aceh 2013, di NTT ada Sasando in Concert, Palembang mencuat dengan even Musi Triboatton 2012.  (ra)

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Basilius Triharyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup